Lihat ke Halaman Asli

Mari Kita Menyimak Tentang Kalimat Efektif

Diperbarui: 12 Mei 2023   22:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun dengan padat jelas dan lengkap agar mudah dipahami lain pengertian kita juga harus tahu apa syarat-syaratnya, syarat kalimat efektif ada empat;

1. Harus sesuai dengan EYD 

Sebuah kalimat efektif haruslah Menggunakan ejaan Maupun tanda baca yang tepat agar lawan bicara kita mudah memahami apa yang kita bicarakan atau apa yang kita tulis.

2. Sistematis

Sebuah Kalimat paling sederhana adalah memiliki susunan Subjek dan predikat kemudian ditambahkan dengan obyek dan Pelengkap sebisa mungkin, guna mengekspresikan kalimat buatlah kalimat yang Urutannya tidak memusingkan.

3. Tidak boros dan bertele-tele

Jangan sampai kalimat yang kalian buat terlalu banyak menghambur-hamburkan kata dan terkesan bertele-tele supaya orang mudah mengerti apa yang kau ucapkan

5. Tidak ambigu

Di dalam KBBI ambigu artinya bermakne ganda atau ber makna lebih dari satu sehingga menimbulkan Keran Cuan atau multitafsir jika ingin kalimat kita tidak hamil maka kita harus memilih kata tanda baca intonasi dengan cara yang tepat atau benar.

Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Kalimat yang efektif tidak selalu harus singkat, namun kesamaan informasi adalah yang terpenting. Jika kalimat yang pendek akan membingungkan pembaca, tetapi kalimat yang panjang bisa saja akan membuat informasinya mudah dipahami. Oleh karena itu, kalimat yang baik harus bercirikan kelugasan, ketepatan, kejelasan, kehematan, dan kesejajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline