Siapa yang tidak mengenal brand Starbucks? Starbucks secara resmi masuk ke ekosistem blockchain yang salah satunya dikembangkan oleh Polygon untuk mengintegrasikan NFT dan Web3 dalam bisnisnya dengan nama Starbucks Odyssey sebagai pengembangan dari loyalty program mereka yang sudah ada, Starbucks Rewards.
Starbucks Odyssey sebagai pengembangan dari Starbucks Rewards merupakan perangko digital dalam format NFT menggambarkan karya seni Starbucks yang ikonik yang dapat dikoleksi dan tercantum nilai poin berdasarkan kelangkaannya. Perangko NFT dapat dibeli atau dijual di antara anggota komunitas Starbucks di marketplace, dengan kepemilikan aset yang dijamin di blockchain.
Poin para anggota akan meningkat seiring perangko yang dikumpulkan. Starbucks memberi manfaat dan pengalaman unik (immersive coffee experiences) pada pemilik perangko NFT yang belum pernah ditawarkan sebelumnya terkait bisnis dan produk Starbucks seperti merchandise unik, undangan eksklusif, bahkan perjalanan ke perkebunan kopi mitra Starbucks.
Starbucks sadar bahwa kini komunitas digital adalah area dan cara baru yang harus dirangkul dengan experience baru yang inovatif untuk meningkatkan engagement dan diharapkan dapat meningkatkan dan menjaga loyalitas.
Dengan masuknya Starbucks ke NFT dan Web3, menjadi inovasi baru bahwa pemanfaatan NFT bukan hanya sekedar gambar JPEG saja tapi ada utilitasnya karena NFT itu teknologi yg lahir dari adanya blockchain. Mungkin saja setelah ini semakin banyak perusahaan besar mulai masuk ke ranah ini kelak.
Silahkan jika teman-teman ada opini, insight, atau perspektif lain untuk memberikan komentar pada kolom comment :)
News source: https://www.coindesk.com/business/2022/09/12/starbucks-to-offer-nft-based-loyalty-program-alongside-polygon/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H