Lihat ke Halaman Asli

Azwa Ajengningtyas

Mahasiswi Prodi PIPS UIN JKT

Teori Belajar Kognitif, Metakognitif, dan Pendekatan Konstruktivisme

Diperbarui: 7 November 2024   12:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by Pragyan Bezbaruah: https://www.pexels.com/

Teori Belajar Cognitive

- Field Lewin
Tingkah laku merupakan hasil interaksi antar kekuatan-kekuatan baik yang dari dalam diri individu (seperti tujuan, kebutuhan, tekanan kejiwaan) maupun dari luar diri individu seperti tantangan dan permasalahan

- Piaget
kemampuan belajar individu dipengaruhi oleh tahap perkembangan pribadi serta perubahan umur individu.


Prinsip Dasar Psikologi Kognitif

- Menurut Chaplin, kognitif adalah salah satu bidang atau wilayah/wilayah psikologi manusia, yang meliputi perilaku mental
yang berkaitan dengan pemahaman, perhatian, pemrosesan informasi, pemecahan masalah, niat dan keyakinan.

- Menurut Santrock, kognitif adalah cara berpikir mengacu pada aktivitas mental tentang bagaimana informasi masuk ke dalam
pikiran, disimpan dan diubah, serta diingat dan digunakan dalam aktivitas kompleks seperti berpikir

Discovery Learning Bruner, adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif (yang disesuiakan dengan kemampuan masing-masing) untuk akhirnya sampai kepada sesuatu kesimpulan.

Contoh : Menunjukkan simetri lipat bangun datar menggunakan karton.

Implikasi Teori Belajar Kognitif dalam Proses Pembelajaran danPengajaran :
- Pembelajaran berpusat pada siswa

- Pengembangan karakter berfikir dan kritis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline