Lihat ke Halaman Asli

Azriel Rachman

PUMKM Indonesia

Kekuatan Media Sosial dalam Kampanye Politik Indonesia

Diperbarui: 17 Februari 2024   09:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gatra.com

Media sosial saat ini merupakan sebuah tempat terjadinya pertukaran informasi secara cepat.  Saat ini kehadiran media sosial tidak hanya digunakan untuk kepentingan pribadi, tetapi sudah  digunakan sebagai alat kepentingan segelintir pihak terlebih lagi saat ini Indonesia sedang  memasuki fase pemilihan umum. 

Media sosial mempunyai kekuatan dalam merubah pemikiran publik. Pengaruh media sosial  bisa di anggap efektif tergantung dari bagaimana penerapanya, karena itu, media sosial telah  dijadikan ruang demokrasi di era baru politik indonesia. Dengan demikian, media sosial  sebagai sarana komunikasi memiliki peran untuk menciptakan suana aktif.  

Perkembangan media sosial, telah menyebabkan masyarakat sekarang ini dapat dengan bebas  mencari tahu tentang banyak hal dalam berbagai bidang, yaitu misalnya pendidikan , budaya ,  sosial , ekonomi , hukum , dan bahkan juga dalam konteks pembahasan ini yaitu politik.  Buktinya media social saat ini telah di gunakan dalam kampanye pemilu untuk menyampaikan  visi dan misi seorang kandidat calon kepala daerah ataupun anggota dewan. 

BAGAIMANA MEDIA SOSIAL DI ZAMAN SEKARANG 

Media sosial di zaman sekarang telah mengalami banyak perubahan dalam penerapanya pada  kehidupan sehari-hari. Media sosial di zaman sekarang telah mengalami transformasi yang  signifikan, menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Media sosial seperti  Facebook, Instagram, Twitter, dan TikTok memberikan kemudahan akses bagi penggunanya  ke berbagai jenis konten dan informasi. 

Pada plaform media sosial, unggahan dalam bentuk video lebih banyak digunakan contohnya  seperti TikTok dan Instagram Reels. Masyarakat mampu mengeksplorasi tentang informasi apa  yang ingin mereka dapatkan. Tidak hanya itu, di zaman sekarang media sosial berbentuk live  streaming juga telah hadir dan memainkan peran kunci media sosial saat ini. Melalui  livestreaming kita dapat menghadirkan pengalaman interaktif dan langsung antara pengguna  dan audiens mereka.  

Selain itu, media sosial di era sekarang juga ditemani oleh algoritma dan kecerdasan buatan  (AI). Kehadiran AI dalam kehidupan manusia telah memberikan kemudahan dalam pengguna  nya. Dengan demikian, media sosial di zaman sekarang tidak hanya menyediakan platform  komunikasi, tetapi juga menciptakan lingkungan digital yang terus berkembang dan  beradaptasi dengan kebutuhan pengguna.

BAGAIMANA MEDIA SOSIAL MEMBERIKAN DUKUNGAN UNTUK KAMPANYE  POLITIK 

Dalam era digital saat ini, media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari  masyarakat, termasuk dalam konteks politik. Pemilihan presiden (pilpres) di Indonesia pada  tahun 2024 menandai salah satu momen penting di mana media sosial digunakan sebagai alat  kampanye oleh kandidat capres untuk mempengaruhi pemilihan. Dengan meningkatnya  pengguna internet dan penggunaan media sosial di Indonesia, pemilihan presiden 2023 saat ini  sudah menjadi ajang pertarungan di dunia maya (Arianto, 2021) 

Pemilihan presiden di Indonesia saaat ini telah mengalami perubahan yang cepat dalam  beberapa waktu terakhir, terutama dengan kemunculan media sosial sebagai alat kampanye.  Media sosial, dengan jutaan pengguna aktifnya di Indonesia, telah menjadi pilihan media  kampanye utama bagi kandidat presiden untuk mempengaruhi pemilih. Sebagai contoh  Prabowo Subianto calon presiden indonesia telah memanfaatkan media sosial dengan sangat  baik dalam upaya mencari suara. Prabowo dan timnya memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, untuk menyampaikan visi, misi, dan program  kerjanya kepada publik. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline