Lihat ke Halaman Asli

Sudah Saatnya Remaja Ikut Menulis

Diperbarui: 13 Agustus 2016   03:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menulis adalah suatu gambaran yang menerangkan suatu emosi, perasaan serta pikiran yang dituangkan pada kertas yang selalu ramah setiap saat. Menulis juga dapat memicu kreativitas bagi seseorang yang gemar dalam menulis. Dalam kegiatan menulis seseorang dapat berpikir untuk menciptakan karya yang segar bagi pembacanya. Atraktif, mencerahkan, ispiratif, dan menambah wawasan adalah segi kriteria yang akan didapat bagi pembacanya. Pembaca tentunya mengharapkan suatu tulisan yang memiliki segi seperti itu, karena dinilai dapat mengesankan pada saat dibaca dan bermanfaat setelah dibaca.

Menulis adalah suatu kegiatan positif yang dapat membawa seseorang memiliki kompetensi dalam berpikir, dalam proses menulis sang penulis harus memikirkan suatu tema yang menarik untuk disajikan. Proses tersebut yang membuat penulis dapat menumbuhkan jiwa kreatif. Tak jarang terkadang seorang penulis membuat suatu tulisan gila, yang pada akhirnya mendapatkan hasil yang gila dari hasil menulis.

Menulis sangat baik dilakukan oleh remaja pada saat ini, dimana mereka dapat menyuarakan isi hati atau imajinasi mereka yang dinilai cukup tinggi karena usia muda masih sangat baik dan banyak menghadapi berbagai persoalan baru di lingkungan mereka. Apalagi dengan menulis remaja dapat hidup mandiri, karena dalam menulis juga dapat mengahasilkan materil yang terbilang lumayan untuk jajan.

Saat ini tidak hanya media cetak seperti koran dan majalah yang selalu menawarkan tulisan untuk dimuat, akan tetapi terdapat beberapa website dari berbagai forum sastra yang menawarkan dan memuat beberapa hasil karya tulisan seseorang entah itu novel, cerita pendek, essai, artikel, puisi dan lain-lain. Ada suatu kebanggan apabila tulisan yang dibuat dapat dimuat di forum tersebut. 

Karena tulisannya dapat dilihat oleh banyak orang dan para pecinta tulisan. Tak hanya disitu dari hasil tulisan tersebut akan mendapatkan honor bagi penulisnya, tentu hal tersebut dapat memicu remaja untuk ikut ambil bagian dalam hal menulis. Dari situ mereka dapat berlomba-lomba membuat tulisan yang bagus.

Saya cukup terkejut dengan beberapa tulisan yang telah dimuat, karena melihat dari segi relevansi tema dan isi sangat baik untuk dibaca. Terdapat bermacam-macam topik, seperti politik, sosial, bisnis, religi, kesehatan, bahkan menulis mengenai resep makanan. Itu semua dilandasi dari suatu pikiran dan pemahaman yang baik dalam diri sang penulis.

Melihat dari sisi baiknya dapat disimpulkan bahwa telah terdapat beberapa remaja yang sudah menjadikan menulis sebagai suatu kegiatan penting untuk dirinya dan pembaca. Mereka mengetuk serta memberikan pemaham mengenai apa yang mereka punya kepada pembaca. Itu adalah salah satu ciri jiwa sosial yang timbul dalam seni menulis.

Dengan adanya sarana yang mudah dijangkau seperti website, menjadikan wadah untuk menulis serta memantau potensi yang dimiliki oleh kalangan remaja. Kembali kepada sarana, diharapkan bermunculan suatu forum yang dapat memicu dan menjadikan kegiatan menulis sebagai budaya baru bagi kalangan remaja. Hal tersebut tentunya sangat baik untuk memicu remaja agar giat menulis.

Sudah saatnya seni menulis menjadi suatu budaya atau bahkan gaya hidup bagi remaja untuk membentuk karakter yang lebih baik. Karena melihat dari sisi kehidupan remaja kini sungguh mengecewakan. Banyak suatu peristiwa yang membuat sebagian masyarakat kita khawatir dengan kehidupan yang negatif, seperti tawuran, narkoba, bahkan sampai seks bebas. Tentu dapat merusak moral bangsa, karena masa depan ada di tangan mereka. Mudah-mudahan dengan kegiatan menulis dapat bermunculan bibit-bibit penulis baru yang datang dari kalangan remaja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline