Lihat ke Halaman Asli

Sinopsis Film Harry Potter

Diperbarui: 14 September 2023   22:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Film Harry Potter merupakan adaptasi dari novel Harry Potter. Film ini terdiri dari 7 chapter. Pemeran utama dalam film ini diperankan oleh Daniel Radcliffe sebagai Harry Potter, Emma Watson sebagai Hermione Granger, Rupert Grint sebagai Ron Weasley, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lain dalam film ini. Inti cerita dalam novel-novel ini berpusat pada upaya Harry untuk mengalahkan penyihir hitam jahat bernama Lord Voldemort, yang berambisi untuk menjadi makhluk abadi, menaklukkan dunia sihir, menguasai orang-orang nonpenyihir, dan membinasakan siapapun yang menghalangi jalannya, terutama Harry Potter.

Film Harry Potter mengisahkan tentang petualangan seorang penyihir bernama Harry Potter dan dua sahabatnya yang bernama Ron Weasley dan Hermione Granger. Harry Potter adalah seorang anak laki-laki yatim piatu yang tinggal bersama paman dan bibinya di dunia muggle atau nonsihir. Pada usianya yang ke sebelas tahun, Harry Potter baru mengetahui bahwa dirinya seorang penyihir ketika ia mendapatkan kiriman surat dari seekor burung hantu yang berasal dari sekolah sihir Hogwarts. Surat tersebut berisi undangan yang ditujukan kepada Harry Potter untuk masuk ke sekolah sihir Hogwarts. Sekolah sihir Hogwarts merupakan sebuah tempat para penyihir yang mengajarkan tentang keterampilan dan pengetahuan sihir.

Di tahun pertamanya Harry Potter sebagai pelajar sihir di Hogwarts, Harry Potter ditemani oleh seorang penjaga Hogwarts bernama Rubeus Hagrid. Saat menuju ke Hogwarts dengan kereta, Harry Potter dipertemukan dengan Ronald Weasley di sebuah peron 9 3/4. Disinilah awal pertemuan mereka yang kemudian menjadi sahabat. Tidak lama setelah itu, Harry Potter dan Ron Weasley bertemu dengan Hermione Granger di dalam gerbong kereta.

Di tahun pertamanya, Harry Potter baru beradaptasi dengan lingkungan dan budaya di Hogwarts. Selain bertemu dengan kedua sahabatnya, Harry Potter juga bertemu dengan seorang laki-laki bernama Drako Malfoy yang memiliki karakter jahat dan selalu mengusili Harry Potter. Kehadiran Harry Potter di sekolah sihir Hogwarts membuat dirinya terancam karena bertepatan dengan kembalinya seorang penyihir jahat bernama Lord Voldemort. Harry Potter dan para sahabatnya berpetualang menyelesaikan misi dan melakukan perlawanan dengannya. 

Voldemort merupakan seorang penyihir jahat yang sudah lama menunggu kehadiran Harry Potter di sekolah sihir Hogwarts untuk membalas dendam atas kegagalan Voldemort beberapa tahun yang lalu saat Harry Potter masih bayi. lord voldemort berambisi untuk menjadi penyihir abadi, dan menaklukkan dunia sihir. Berbagai ancaman dan serangan dilakuakn oleh voldemort untuk melukai harry potter. hal itu membuat harry potter menghabiskan waktunya di sekolah sihir hogwarts untuk mencari cara agar dapat menghentiakn serangan voldemort. Harry Potter dibantu oleh kedua sahabatnya dan seluruh warga sekolah sihir Hogwarts dalam melawan Voldemort dan para pengikutnya yang merupakan penyihir jahat.

Sebuah perlawanan besar terjadi ketika diakhir tahun Harry Potter berada di sekolah sihir Hogwarts. Perlawanan tersebut membuat beberapa tokoh petinggi Hogwarts mati terbunuh. Di akhir cerita ini, adalah kemenangan bagi Harry Potter karena berhasil mengalahkan Voldemort dan para pengikut jahatnya dan membuat Hogwarts kembali aman.

Film harry potter tidak hanya menceritakan tentang petualangan dan perlawanan akan tetapi berbagai adegan juga dikemas dalam cerita ini. seperti romantisme yang terdapat di akhir cerita Harry Potter menikah dengan Ginny dan memiliki tiga anak bernama James Sirius Potter, Albus Severus Potter, dan Lily Luna Potter. Menurut JK Rowling, ia bermain Quidditch untuk klub Holyhead Harpies selama beberapa tahun sebelum pensiun untuk membangun keluarga bersama Harry. lalu, kisah persahabatan antara Harry Potter, Ron Weasley, dan Hermione Granger yang selalu ada di setiap adegan film. Selain itu, ada juga bagian-bagian komedi yang selalu berhasil membuat penonton atau pembaca cerita Harry Potter tertawa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline