Lihat ke Halaman Asli

Azmi Yasid

Penulis Ngasal aboutsosmedia.com

Apa Itu "Jancok"?

Diperbarui: 7 Juni 2022   07:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Sering kali kita mendengar atau bahkan melihat kata "jancok" di kehidupan sehari-hari kita, entah itu di media sosial atau di dunia nyata.

Kata jancok sering disebut sebagai omongan kotor atau jorok, apa itu jancok? jancok kependekan dari JAngan Ngasih COntoh Keburukanmu, artinya sebuah ucapan yang dikatakan oleh orang ke orang lain saat akan memberitahu bahwa tindakan yang orang lain lakukan itu salah dan menunjukkan betapa buruknya diri orang itu.

JANCOK bisa juga berarti JAngan Ngasih COntoh Kebodohanmu, yang artinya memberitahu orang lain untuk tidak menunjukkan kebodohannya entah saat bersikap ataupun berargumen.

Banyak yang salah paham tentang penggunaan kata jancok yang sebenarnya, jancok sering disalahartikan sebagai istilah jorok dalam komunikasi. Padahal jancok itu punya kepanjangan yaitu JAngan Ngasih COntoh Keburukanmu atau Kebodohanmu yang artinya jangan memberitahukan keburukan atau kebodohan kamu ke orang lain atau publik.

Contoh penggunaan kata JANCOK yang benar:

Jancok bro, harusnya bukan begitu caranya.

Tolonglah jancok itu kepadaku.

Kamu jancok ke orang lain karena itu tidak akan membuatmu keren.

Cobalah jancok, hilangkan sikap egoismu.

kamu harusnya jancok begitu karena itu bukan cara kita.

jancok sayang, aku tidak akan suka dengan caramu yang salah itu.

Jancok tidak memilik artian buruk, semua sudah salah paham tentang arti dari kata "jancok" padahal jancok berarti memberitahu untuk tidak menunjukkan keburukan atau kebodohan seseorang. 

Singkatnya jancok (JAngan Ngasih COntoh Keburukanmu/Kebodohanmu) adalah tindakan memberitahu orang lain bahwa tindakan orang tersebut itu merupakan hal yang buruk atau hal yang bodoh. Contoh penggunaannya seperti yang ada pada contoh di atas, itu hanya sebagian kecil dari contoh penggunaan kata jancok. Masih banyak dan bisa diolah lagi menjadi kalimat baru yang memberitahu atau melarang orang lain yang melakukan keburukan atau kebodohan. Biasanya ini terjadi di kehidupan sehari-hari dan ini hanya menyingkat kata saja agar tidak terlalu ribet dan panjang.

Sekian mengenai kata Jancok, terima kasih sudah membaca. Bye




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline