Lihat ke Halaman Asli

Bantu Kembangkan Ekonomi Masyarakat: Mahasiswa KKN-T Adakan Ternak Kelinci Pedaging

Diperbarui: 22 September 2023   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Mahasiswa yang terlibat dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Djuanda Bogor, telah melakukan program sosialisasi dan pengadaan ternak kelinci pedaging di Desa Citapen, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor pada Kamis, 9 September 2023. Program kerja ini dibuat untuk membantu pengembangan ekonomi masyarakat Citapen. Selain itu Bapak Yong selaku peternak domba di Desa Citapen menyampaikan bahwa penghasilan peternak desa citapen sangat kurang. Hal ini dikarenakan system peternak disana menggunakan system bagi hasil dan penjualannya pun hanya di waktu-waktu tertentu. Jadi, tidak ada sumber pendapatan yang dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Ternak kelinci pedaging adalah salah satu usaha peternakan yang berpotensi menguntungkan, mudah dikelola, dan membutuhkan ruang yang relatif kecil. Namun, pengetahuan tentang cara memulai dan mengelola usaha ternak kelinci masih terbatas di beberapa daerah.

Dalam upaya membantu masyarakat setempat memahami potensi bisnis ini, para mahasiswa KKN mengadakan sesi sosialisasi yang informatif. Mereka menjelaskan manfaat ternak kelinci pedaging, metode pemeliharaan yang efektif, serta pasar potensial untuk produk-produk kelinci pedaging. Sesi ini juga melibatkan tanya jawab aktif antara mahasiswa dan masyarakat, memungkinkan pertukaran pengetahuan yang berharga.

Selain itu, sebagai bagian dari inisiatif ini, mahasiswa KKN memberikan bantuan berupa pasangan kelinci pedaging kepada sejumlah masyarakat yang berminat untuk memulai usaha ternak. Mereka memberikan pelatihan praktis tentang cara merawat dan mengelola kelinci dengan baik.

Totoh, salah satu mahasiswa yang terlibat dalam program ini, mengungkapkan, "bahwa harus ada sumber mata pencaharian baru selain beternak kambing. Banyaknya ketersediaan rumput di Desa Citapen merupakan peluang untuk beternak kelinci dan marmot. Tidak perlu modal yang besar untuk beternak kelinci dan marmot, selain itu kelinci dan marmot pertumbuhan dan berkembangbiaknya relative cepat sehingga dapat menjadi peluang usaha baru untuk peternak."

Reaksi dari dari para peternak sangat positif, Sseorang peternak lokal yang menerima bantuan, mengucapkan terima kasih atas informasi dan bantuan modal kelinci.

Para mahasiswa KKN berharap dengan diadakannya program kerja ini, semoga masyarakat bisa membuka sumber pendapatan baru dan mengembangkan ekonomi mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline