Mobile banking adalah layanan perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi keuangan melalui perangkat mobile, seperti smart phone atau tablet. Dengan menggunakan aplikasi perbankan mobile atau melalui situs web yang dioptimalkan untuk perangkat mobile, nasabah dapat mengakses rekening mereka, melakukan transfer dana, membayar tagihan, dan melakukan berbagai aktivitas perbankan lainnya tanpa perlu mengunjungi kantor bank fisik.
Mobile banking memberikan kemudahan seseorang mengakses ke layanan perbankan. Nasabah tidak perlu datang ke kantor bank sehingga dapat mengefisiensi waktu dan tenaga. Proses transaksi juga menjadi lebih cepat dan efisien dengan mobile banking. Transfer antar rekening, pembayaran tagihan, atau aktivitas perbankan lainnya dapat dilakukan dalam hitungan menit, bahkan detik. Dari mobile banking ini banyak bank bank yang mengembangkan inovasi dari segi produk dan layanan, dari penawaran produk investasi, tabungan, dan layanan keuangan lainnya yang lebih mudah diakses melalui aplikasi mobile. Mobile banking juga telah mengimplementasikan protokol keamanan tinggi, seperti enkripsi data dan otentikasi dua faktor, untuk melindungi informasi nasabah dalam kegiatan transaksi daring.
Fitur yang tersedia di mobile banking
1. cek saldo dan mutasi rekening, nasabah dapat menjangkau saldo dan daftar transaksi yang telah dilakukan dengan smartphone
2. Transfer dana, nasabah dapat melakukan transfer uang antar rekening dengan cepat, baik dari bank yang sama maupun beda.
3. pembayaran tagihan
4. pembelian pulsa dan voucher
5. investasi dan tabungan
6. pengelolaan kartu kredit
7. notifikasi dan alert
dan banyak lagi dari bank yang berinovasi dalam segi fitur yang berada di mobile banking.