Lihat ke Halaman Asli

Analisis Pemasaran Siomay Ikan Tenggiri

Diperbarui: 8 November 2021   17:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan hidup suatu perusahaan. Pemasaran juga didefinisikan  sebagai sebuah sistem dari keseluruhan kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menetapkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan, serta memuaskan kebutuhan para konsumen.  Salah satu produk berbahan baku ikan yang dapat dibisniskan adalah Siomay

Siomay adalah salah satu jenis dimsum. Siomay berasal dari Tingkok (cina). Siomay merupakan jenis makanan yang dibuat dari adonan tepung tapioca dan daging, yang kemudian dicampur dengan menambahkan bumbu dan bahan penyedap lainnya. Adonan daging dibungkus dengan menggunakan kulit pangsit. 

Kulit pangsit tersebut terbuat dari adonan telur dan tepung yang berbentuk kotak atau lingkaran dengan memiliki fungsi untuk pembungkus adonan siomay.dengan berkembangnya zaman, siomay saat ini terdapat berbagai jenis variasi berdasarkan isinya, saat ini siomay telah menggunakan ikan. Salah satunya adalah siomay ikan tenggiri (Hanafie dan Nugroho 2018).

Daging ikan tenggiri memiliki rasa yang gurih, tekstur rapat dan sedikit kenyal serta dapat menimbulkan aroma yang cukup tajam. Menurut Moeljanto (1992) hasil proksimat yang dimiliki oleh daging ikan tenggiri adalah bahwa kadar lemak memiliki nilai 3,28%, protein yang cukup tinggi 21,40%

Gambar 1. Siomay Ikan Tenggiri

(Sumber :Tokopedia.com)

Komposisi siomay ikan tenggiri yang digunakan menurut penelitian Nessianti (2015) adalah bahan baku utama yaitu ikan tenggiri, tepung tapioka, garam, bawang merah, bawang putih, putih telur, air perasan jeruk gula dan penyedap rasa.

            Dibawah ini merupakan cara pembuatan siomay ikan tenggiri menurut Nessianti (2015) adalah sebagai berikut :

  • Penyeleksian bahan baku, yaitu ikan tenggiri yang masih segar
  • Bersihkan tulang dan buang bagian ekor serta kepala ikan tenggiri
  • Kemudian dicuci bagian daging ikan tenggiri sampai bersih
  • Fillet daging ikan tenggiri dengan menyayat pada bagian punggung llau ambil dagingnya
  • Direndam daging ikan tenggiri dengan diberikan air perasan jeruk nipis selama 10 menit agar tidak bau amis
  • Kemudian, daging ikan dihaluskan dengan menggunakan blender, lalu sambal diberikan sedikit air es atau es batu. Serta dimasukkannya bumbu seperti putih telur, bawang putih, bawang merah, garam, gula dan penyedap rasa secukupnya
  • Setelah itu, buat adonan siomay dengan dicampurkannya daging ikan tenggiri dan bumbu yang telah dihaluskan tadi, lalu tambahan tepung tapioka
  • Aduk sampai adonan tersebut tercampur merata
  • Kemudian setelah itu, adonan siap dibungkus kedalam kulit pangsit
  • Siomay yang telah dibungkus, kemudian dapat disimpan di dalam freezer 
  • Siomay siap untuk dikemas

Kebutuhan konsumen terbagi menjadi tiga yaitu kebutuhan fisiologis, dimana merupakan kebutuhan primer seperti makanan, minuman, dan tempat tinggi, sedangkan kebutuhan sosiologis yaitu kebutuhan kasih saying, rasa memiliki, bersosisalisasi dan sejahtera serta untuk kebutuhan psikologis yaitu segala sesuatu yang memberikan perasaan bahagia.

Kebutuhan konsumen pada produk siomay ikan tenggiri ialah termasuk kedalam kebutuhan fisiologis karena termasuk salah satu produk pangan yang dapat memenuhi kebutuhan manusia, yaitu yang disebut dengan kebutuhan makan. 

Dimana ikan merupakan bahan pangan yang kaya akan gizi seperti protein, lemak, vitamin A,D,B6,B12. Konsumen membutuhkan produk olahan ikan ini karena produk ini memiliki rasa yang enak, gurih dan manis serta konsumen menyadari bahwa banyaknya gizi yang terkandung dalam produk siomay ikan tenggiri.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline