Lihat ke Halaman Asli

gurujiwa NUSANTARA

pembawa sebaik baik kabar (gurujiwa508@gmail.com) (Instagram :@gurujiwa) (Twitter : @gurujiwa) (Facebook: @gurujiwa))

Susah Ono Umure Seneng Ono Umure

Diperbarui: 10 November 2020   11:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Metamorposa ulat bulu kupu kupu, aini

Jodoh-lahir-mati-rejeki sejatinya kumparan misteri, inti dari rahasia kehidupan. Tak ada ahli penujum yang bisa meramal siklus tersebut dengan tepat. Walau di babakan rejeki sering banyak yang mengaku diampu kemampuan bisa meneropong berjatuhannya emas berlian rejeki nomplok.

Konon ada siklus jatuh dan jaya enam tahunan, delapan tahunan. Lebih lebih pada saat pandemi yang mengarah ke jurang resesi seperti ini, pengusaha bernyali, tahan banting, ber jam terbang tinggi pun, pada berguguran, merosot omzet, bahkan tutup usahanya. Tidak hanya yang kelas teri, yang kelas kakap juga susah merasakan  sesak nafas. 

Banyak.yang melakukan diversifikasi usaha, inovasi baru, juga yang batin. Semua rata merasakan susah. Susah ono (ada) umurnya. Bisa panjang, bisa pendek, bisa dalam, bisa dangkal bergantung kekuatan mental sang wira usaha.

Misal di kalangan pengusaha showroom mobil, jenis usaha yang putaran cash-nya cepat, besar dan marginnya menggiurkan. Lebih - lebih dari porsi kredit leasing mobil yang besar, bonusnya saja, acap membuat pengusaha jual beli sering dapat servis jalan jalan ke luar negeri gratis.

Sekarang, seiring anjloknya harga mobil yang gila gilaan, sepinya pembeli. Apalagi.kebutuhan mobil cenderung masuk tertier, kemewahan. Bukan primer dan sekunder. Banyak pengusaha yang menjadikan ruang usaha yang luas, dengan jual beli sembako, bukan.showroom mobil lagi,  berubah jadi showroom sapi dan domba, ada yang tutup total dan berganti menjadi bisnis.kuliner. sungguh manuver bisnis yang ciamik untuk sekedar bertahan disaat semua serba sulit.

Senang ono (ada) umurnya.

Pada saat seperti ini,  dua kutub ekstrim perasaan yang ada saat mengedalikan usaha, bekerja dan menegakkan biduk keluarga, susah dan senang seperti jadi ketentuan alam siang dan malam

Susah ono umure, Senang ono umure.

Panjang pendeknya bergantung pada ketahanan kita menegakkan sikap.mental, menjaga nyala lilin optimisme, serta kehangatan api unggun semangat untuk terus berjuang , bertahan sampai akhir, serta komitmen pada diri untuk tidak menyerah apapun situasi di dapur rumah, dapur usaha, maupun meja makan tempat kita bekerja.  

New era. Era baru ini membuat semua usah berkontraksi, semua target dan harapan berguguran.

Tidak ada seorang pakar pun yang kompeten bisa menjelaskan berapa lama situasi rata susah ini bisa segera berakhir. Ahli nujum dengan bola kristal yang jatuh dari langit pun, sulit meramalkan tentang situasi baru dimana semua usaha sampai pada titik happy. Semua senang, Keluar dari krisis dan resesi, apakah 1-2-3 tahun lagi tak ada yang bisa meramalkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline