Lihat ke Halaman Asli

Azka Millati Putri

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sasaran Dakwah, dari Muslim ke Mukmin

Diperbarui: 10 Juni 2024   16:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pinterest.com/sumshi135

Oleh : Syamsul Yakin dan Azka Millati Putri (Selaku Dosen dan Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Sasaran utama dakwah adalah mengajak umat Muslim untuk menjadi mukmin yang sebenar-benarnya. Dakwah bertujuan membawa perubahan positif dari sekedar Muslim (yang menyerahkan diri) menjadi mukmin (yang beriman penuh kepada Allah, malaikat, rasul, kitab, dan seluruh ajaran Islam). 

Orang Muslim disebutkan dalam Al-Qur'an Surah Al-Baqarah ayat 128, sebagai yang berserah diri kepada Allah, sedangkan orang mukmin dalam Al-Qur'an Surah Al-Anfal ayat 2, digambarkan sebagai mereka yang hatinya bergetar ketika nama Allah disebut, imannya bertambah saat mendengar ayat-ayat Allah, dan hanya bertawakal kepada-Nya. Lebih dari itu, orang mukmin juga mendirikan salat, mengeluarkan zakat dari rezeki yang diterimanya. Mereka akan mendapat derajat tinggi, ampunan, dan nikmat dari Allah. Hal ini difirmankan oleh Allah dalam Qur'an Surah Al-Anfal ayat 3-4.

Oleh karena itu, berdakwah kepada umat Muslim berarti mengajak mereka menjalankan kewajiban seperti salat, zakat, puasa, dan haji jika mampu. Ini merupakan transformasi dari sekedar Muslim menjadi mukmin sejati. Inilah tugas para da'i transformatif.

Lebih lanjut, Nabi menjelaskan ciri orang beriman yaitu bertutur baik atau diam, mencintai sesama seperti mencintai diri sendiri, dan memuliakan tamu. Namun iman bukan hanya pengakuan lisan, tetapi harus dibuktikan dengan ujian keimanan yang dihadapi. Orang mukmin yang lulus ujian akan meningkat menjadi muhsin, Muslim yang teguh imannya dan selalu berbuat kebaikan lahir batin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline