Lihat ke Halaman Asli

Azka M

Jurnalis

UMKM Hadapi Persaingan Global: Strategi Baru dari Jurnal Lely Ika Cahyani di Return

Diperbarui: 13 Mei 2023   14:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

detik.net.id

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh lely ika cahyani dan Susilo Toto Raharjo tentang strategi UMKM untuk bersaing dipasar international yang berfokus pada kegiatan tiga UMKM dalam mengekspor produk menunjukan hasil bahwasanya selama ini kesulitan UMKM dalam menjangkau pasar international didasari oleh beberapa faktor.

Diantaranya sulitnya mendapat leverage dari pemerintah dan memiliki keunggulan yang kompetitif untuk bersaing dipasar international.

Namun itu semua bisa dilalui oleh tiga UMKM tersebut, yakni Naruna Ceramic, Bengok Craft, dan Rorokenes.

Kesuksesan tiga UMKM ini tentunya didasari oleh keahlian dalam memilih segmentasi pasar, memberikan kualitas yang sempurna, memiliki sumberdaya yang handal, Diferensiasi produk yang memiliki nilai tambah, harga yang kompetitif, distribusi pengiriman barang lancar, biaya pengiriman terjangkau dan memiliki berbagai keunggulan untuk bersaing dengan competitor di pasar ekspor dan impor.

Penelitian ini dilakukan dengan Teknik wawancara mendalam kepada ke 3 informan dengan total pertanyaan 39 dan dalam jangka waktu satu bulan penuh. Sehingga menghasilkan data yang mendalam, akurat, dan lengkap.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline