Lihat ke Halaman Asli

Pasar Media Dunia

Diperbarui: 13 November 2018   06:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Global Media Marketplace jika diartikan merupakan salah satu fenomena media yang mencari keuntungan ke berbagai belahan negara untuk mendapat sebuah konsumen atau audience. Pada tahun 1980an bisnis sebuah media sangat berbeda dengan sangat ini, terutama negara Amerika dan Inggris yang menggunakan media sebagai kepentingan mereka. Dan sekarang dengan seiring berjalanan sebuah teknologi, media tidak hanya memenuhi pasar lokal tetapi juga keseluruh dunia, dan ini disebut dengan pasar di seluruh dunia ( Global marketplace ).

Seiring dengan perkembangan zaman dan globalisasi yang melanda dunia, penyebaran sebuah informasi menjadi sangat cepat dan mudah didapat. Media global merupakan sebuah sistem pada media yang berhasil mendistribusikan muatannya, seperti informasi, pendidikan dan hiburan pada tingkat internasional. Media global berbeda dengan media lokal, dari namanya saja sudah terlihat jelas, bagaimana media global bekerja. Media global, artinya media ini mempunyai cabang di beberapa negara untuk menginformasikan dan mendapat sebuah informasi dan konsumen di negara -- negara tersebut. Media ini bersifat ekspansf, yang berarti media ini akan terus melakukan perluasan ke negara lain, baik dengan membangun sebuah kantor, merekrut karyawan baru atau membeli saham dari sebuah media.

Contoh salah satu media yang mendunia, BBC ( British Broadcasting Company ), media dari Inggris yang memiliki kantor hampir di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia dan menyiarkan beritanya atau informasinya dalam 32 bahasa dan menyediakan situs berita sesuai regional penggunanya. Media Global yang menjadi salah satu distribustor informasi, dimana sebuah media yang menyediakan atau yang menjual sebuah informasi untuk disebarkan keseluruh dunia. Hal ini dapat dilakukan oleh individu -- individu yang tinggal di negara maju. Maka tidak heran jika hampir semua media global berasal dari negara maju dan menjadikan negara berkembang seperti pasarnya.

Setiap adanya sebuah fenomena atau kejadian, pasti mempunyai sebuah dampak, baik atau kurang baik. Media global, merupakan sebuah instansi yang menguasai media di dunia, seperti The Warner yang merupakan salah satu induk media terbesar di dunia, dengan ada beberapa anak perusahaan seperti CNN yang salah satunya sebagai penyebar sebuah informasi. Dampak baik dalam sebuah media global masuk ke negara berkembang terutama Indonesia, mendapatkan sebuah informasi yang akurat, jelas, cepat dan juga terbaharukan. 

Dampak kurang baik, media lokal akan sulit bersaing dan juga media dikuasai oleh penguasa asing. Jadi pada saat ini sebuah media tidak hanya menjual sebuah berita dan informasi tetapi juga menjual beberapa konten seperti, film, iklan, tayangan hiburan dan lain -- lain yang dapat meningkatkan sebuah profit dari sebuah media tersebut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline