Lihat ke Halaman Asli

Muhammad AzkaHambali

Profil Pribadi

KKN Tematik UPI 2021: Video Pembelajaran dalam Aplikasi Fotografi untuk Pembelajaran Daring di SMK Jurusan Multimedia

Diperbarui: 30 Juli 2021   11:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

tampilan video pembelajaran dalam aplikasi fotografi SMK Multimedia, dokpri

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang mampu mempertemukan mahasiswa dan dosen untuk melaksanakan interaksi pembelajaran dengan bantuan internet  yang memiliki aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Pada tataran pelaksanaan pembelajaran daring memerlukan dukungan perangkat-perangkat mobile seperti smartphone atau telepon android, laptop, komputer, tablet, dan iphone yang dapat dipergunakan untuk mengakses informasi kapan saja dan dimana saja. Perguruan tinggi pada masa WFH perlu melaksanakan penguatan pembelajaran secara daring selama masa pandemi, terlebih aturan pemerintah yang terus ingin membangun pendidikan revolusi 4.0.

Dengan banyaknya keterbatasan di dunia pendidikan saat ini, UPI sebagai perguruan tinggi di bidang pendidikan dan sebagai jalan mewujudkan salah satu tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia saat ini sedang menyelenggarakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) tematik dengan tema “Membangun desa melalui bidang Pendidikan dan ekonomi dalam implementasi MBKM pada masa pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM tahun 2021)” yang dilakukan pada tanggal 1-30 juli 2021 lalu dilaksanakan secara online dan individual sesuai dengan alamat domisili mahasiswa.

Kompetensi dasar yang dimuat dalam video pembelajaran yaitu materi tentang bagaimana cara merawat aset fotografi. Dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa fitur di antaranya fitur materi, fitur kuis singkat yang merangsang pemahaman mengenai materi fotografi, video perawatan alat-alat yang digunakan untuk fotografi, dan augmented reality mengenai alat fotografi yang muncul melalui scan barcode.

M Azka Hambali, sebagai mahasiswa UPI Kampus Cibiru yang sedang melakukan KKN tematik bidang pendidikan di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung dengan membuat video pembelajaran untuk aplikasi fotografi yang membahas bagaimana Merawat Kamera, Tas Kamera, Baterai Kamera, Memory Card, dan Lensa. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pembelajaran online atau daring, karena aplikasi fotografi ini sangat mudah diakses dan sistem yang mudah dipahami. KKN tematik kali ini pun juga tidak hanya membuat aplikasi penunjang Pembelajaran tetapi juga sosialisasi dan pembekalan KKN, Menyusun perencanaan program, melaksanakan program seperti membantu administrasi di sekolah, pendampingan pada guru dan siswa dalam pembelajaran,  kegiatan membuat media pembelajaran untuk kebutuhan pendidikan dan kemudian melaporkan hasil kegiatan program KKN kepada pihak universitas. KKN dilaksanakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan yang ketat, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan menggunakan hand sanitizer. Pada KKN ini tidak hanya siswa yang mendapatkan konten edukasi melainkan orang tua pun juga mendapatkan konten edukasi untuk mendukung pembelajaran siswa SMK. pada kegiatan ini sangat diharapkan untuk bermanfaat bagi masyarakat di zaman serba teknologi ini.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline