Lihat ke Halaman Asli

Azka Cantika

Universitas Negeri Jakarta

Teknologi Membuka Pintu: Peran Teknologi dalam Merajut Jaringan Pendidikan yang Merata dan Berkualitas

Diperbarui: 16 April 2024   22:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

indonesiana.id

Pendidikan adalah usaha untuk mewujudkan aktivitas pembelajaran yang dilakukan agar peserta didik dapat secara aktif belajar dan mengembangkan potensi dirinya menjadi lebih baik dari segi kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, dsb.

Teknologi merupakan hasil perkembangan ilmu pengetahuan yang berlangsung dalam dunia pendidikan. Maka dari itu itu, sudah sepantasnya pendidkan juga memanfaatkan teknologi untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran. Menurut pendapat Tondeur et al (dalam Selwyn,2011), teknologi digital saat ini digunakan di lembaga pendidikan sebagai sarana penunjang pembelajaran, baik sebagai sarana informasi yaitu sarana mengakses informasi, maupun sebagai sarana pembelajaran yaitu sarana membantu kegiatan belajar dan pemberian tugas.

Penggunaan media pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi saat ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pendidik dapat menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran atau fasilitator untuk menyampaikan ilmu kepada siswa melalui berbagai aplikasi seperti Zoom, Google Classroom, Google Meet, Quiziz, Telegram, dan grup WhatsApp. Dengan menggunakan media pembelajaran yang dijelaskan di atas, pendidik dapat memberikan deskripsi materi yang menarik dan sederhana agar siswa tetap tertarik dan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Peran Teknologi dalam Pendidkan

Peran teknologi dalam pembelajaran adalah untuk mendorong hubungan kolaboratif dan membangun makna dalam konteks yang lebih mudah dipahami. Peran teknologi pendidikan dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas, antara lain :

  • Menyediakan fasilitas belajar melalui proses perencanaan
  • Pengembangan, pemanfaatan
  • Pengelolaan serta mengevaluasi sumber-sumber belajar
  • Menyelesaikan masalah pembelajaran yang ada dan dikaji secaraa menyeluruh dengan memadukan beragam disiplin ilmu yang berbeda
  • Memanfaatkan teknologi untuk membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien, baik sebagai produk maupun sebagai proses guna memyelesaikan permasalahan belajar
  • Memberikan solusi alternatif untuk penyelesaian masalah kinerja organisasi pendidikan yang disusun menggunakan kinerja dan instruksional
  • Bisa menciptakan inovasi baru dalam pendidikan dan pengajaran guna memecahkan permasalahan yang ada
  • Peran teknologi pendidikan sangat diperlukan untuk menyediakan platform yang benar untuk pembelajaran di masa sekarang.

Dalam pemanfaatan teknologi, apabila siswa dapat menggunakan teknologi dengan baik dalam menambah pengetahuan dan keterampilan mereka, maka mereka akan bisa mendapatkan hasil yang baik. Sebaliknya, apabila siswa tidak bisa menggunakan dan memanfaatkan teknologi dengan baik, maka hasil yang didapatnya tidak akan maksimal.

Dengan demikian, peran teknologi dalam pendidikan tidak hanya mengubah cara kita belajar dan mengajar, tetapi juga membuka peluang baru untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pendidikan di seluruh dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline