Lihat ke Halaman Asli

Pulau Enggano Seharusnya Bisa Jadi Ikon Wisata di Bengkulu

Diperbarui: 4 April 2017   17:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Keindahan Pantai Koomang Enggano

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau di seberang jauh Samudera Hinda tersembunyi sebuah pulau cantik dengan panorama alam nan elok.

Jika Kepulauan Anambas dan Raja Ampat selama ini jadi idola bagi para wisatawan untuk berburu pengalaman menjelajah wisata bahari Indonesia, maka Pulau Enggano ini bisa jadi saingan terberat untuk kedua tempat wisata tersebut.

Pulau Enggano memiliki sejuta keindahan, jika Anda pernah berwisata ke tempat ini saya yakin pasti hati Anda akan mengajak untuk kembali lagi suatu hari. Sebagai salah satu pulau terluar wilayah Indonesia, Pulau Enggano memang sedikit terisolir dari modernitas dan perkembangan zaman. Namun hal itulah yang menyebabkan keindahan dan keasrian pulau ini tetap terjaga.

Hamparan Pasir Terbentang Di Sepangjang Pantai Enggano

Dengan letaknya yang cukup jauh di ujung utara laut Bengkulu, butuh sedikit perjuangan untuk bisa menginjakkan kaki di surga kecil ini. Perjalanan dengan rute terdekat bisa di tempuh melalui Pelabuhan Baai, Kabupaten Bengkulu Utara. Anda bisa menaiki KMP Perintis atau KMP Raja Enggano.

Perjalanan laut yang harus di tempuh memakan waktu yang cukup lama, sekitar 12-18 jam. Cukup melelahkan namun semua kelelahan Anda akan sirna sembari menikmati pemandangan laut dan pulau-pulau kecil yang dilewati sepanjang perjalanan.

Setibanya di Pulau Enggano, anda akan disuguhkan dengan panorama alam asri khas pulau tropis nusantara, dengan pantai-pantai berpasir putih terhampar dan lautan biru jernih yang menggoda hati. Ya, pesona Wisata Pulau Enggano ini akan menghipnotis Anda, membuat anda betah berlama-lama dan tidak ingin segera pulang.

Pulau Enggano, seharusnya bisa menjadi ikon wisata Bengkulu. Bak surga jatuh di laut lepas, sepenggal tanah Enggano ini akan membuat anda terlena. Tertarik untuk mengetahui apa saja objek wisata yang mungkin bisa Anda kunjungi suatu hari nanti?

Pantai Koomang

Goa Pintu Masuk Ke Dalam Laguna Pantai Koomang

Pantai cantik di Pulau Enggano ini terletak di ujung utara. Berbeda dengan kebanyakan pantai pada umumnya, pantai koomang tidak memiliki hamparan pasir putih seperti yang Anda bayangkan. Pantai Koomang adalah sebuah tanjung yang terdiri batu-batu karang yang menjulang tinggi membentuk seperti tebing.

Di salah satu sisi tebing karang tersebut terdapat sebuah lubang yang berbentuk seperti goa. Di dalam goa tersebut air laut mengalir masuk dan membentuk laguna denga air biru jernih yang sangat menggoda untuk di selami. Ya, anda bisa berenang dan bersantai di laguna cantik Pulau Enggano ini.

Laguna Pantai Koomang

Pantai Humo

Satu lagi pantai cantik di Pulau Enggano adalah Pantai Humo. Pantai Humo biasanya di jadikan tempat wisata bahari favorit bagi para pecinta aktivitas memancing. Di tempat ini terdapat sebuah tanjung yang diberi nama tubiran.  Inilah tempat terbaik untuk bersantai dan memancing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline