Lihat ke Halaman Asli

Azizul JailaniA

seorang guru yang tak pernah berhenti untuk belajar

Aksi Nyata Pemanfaatan Sumber Daya untuk Melatih Kepercayaan Diri Dalam Berbicara Bahasa Inggris

Diperbarui: 30 Mei 2022   10:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Latar Belakang

Dalam pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Atas, khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), seluruh siswa harus memiliki kemampuan dalam berbicara. Dewasa ini mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa asing seperti Bahasa Inggris sangat di butuhkan demi bisa berkompetisi di dunia usaha global supaya tidak tersisih di kemudian hari.

Seorang guru harus mampu mengidentifikasi dan memanfaatkan segala sumber daya yang ada di dalam kelas yang diampunya. Semua potensi yang ada di kelas maupun lingkungan sekolah bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Berbicara menggunakan Bahasa Inggris dan bisa dipakai dalam keseharian bagi setiap murid.

Langkah kecil perubahan yang dilakukan oleh seorang guru dengan melibatkan murid untuk aktif berbicara menggunakan Bahasa Inggris akan memberikan dampak positif bagi perkembangan.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada tujuh asset yang dapat digunakan dalam mengembangkan komunitas antara lain: modal manusia, modal sosial, modal fisik, modal lingkungan, modal finansial, modal politik, dan modal agama dan budaya.

Tujuan

Kegiatan melatih siswa SMKS Muhammadiyah 1 Sirampog supaya memiliki kepercayaan diri dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris, diantaranya adalah:

Mendorong setiap siswa percaya diri dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris, meski masih memiliki kosa kata sedikit atau salah grammar.

Meningkatkan kerja sama antar guru dan siswa di kelas dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

Memberikan motivasi kepada siswa bahwa kita sesungguhnya sudah bisa berbicara menggunakan Bahasa Inggris meskipun dengan kosa kata sedikit.

Tolak ukur

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline