Lihat ke Halaman Asli

Aziz Khairi

profesi saya sebagai guru pendidikan agama Islam di SMK Negeri 2 Surabaya

Belajar Matematika Menyenangkan dengan Finger Math, Begini Keseruannya

Diperbarui: 31 Oktober 2023   07:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan finger math (dokpri)

SD Muhammadiyah  7 jagir dalam  meningkatkan kemampuan kompetensi Guru. Terutama mata pelajaran matematika, Pada tanggal 25/10/2023 di SD  Muhammadiyah 7 jagir , mengadakan pelatihan  berhitung cepat dengan jari jari tangan, yang disebut dengan finger math. 

Pelatihan finger math ini SD Muhammadiyah 7 jagir bekerjasama dengan Griya cerdas Indonesia, pelatihan itu di laksanakan di aula SD Muhammadiyah 7 jagir

Sebagai narasumber finger math dari Griya cerdas Indonesia, Muhammad haizul falah,S.sos menjelaskan langkah langkah menghitung dengan jari jari dengan menggunakan istilah istilah yang mudah di ingat oleh peserta. 

Istilah itu "Pensil untuk satu, ketapel untuk dua, sisir untuk tiga, kelingking untuk empat,  jempol untuk lima, tembak untuk enam, dor-dor untuk tujuh, siput untuk delapan dan dagdag untuk sembilan," katanya.

Lalu Ivol mengajari cara berhitung cepat dengan teknik fast finger math. Dia memberikan contoh 32-21. Maka buat angka 32 dengan mengangkat tiga jari kiri (30), dua jari kanan (2). Dikurangi 21 berarti tutup dua jari kiri dan tutup satu jari kanan maka hasilnya 11 (satu jari kiri=10 dan satu jari kanan= 1).

Selama pelatihan Muhammad haizul falah, S. Sos. Sebagai narasumber membimbing dengan langsung praktek soal soal kepada peserta pelatihan sehingga peserta dengan mudah menangkap materi itu dengan mudah. 

Para peserta yang Notabene guru SD Muhammasiyah 7 mengapresiasi dengan rasa gembira dan senang dengan metode finger math itu, ungkap ustadzah ani guru kelas 6 SD Muhammadiyah 7 itu. 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline