Lihat ke Halaman Asli

Azizdana Rosardi

Mahasiswa Pengembangan Masyarakat Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Interaksi Manusia dan Lingkungan: Ekologi Manusia

Diperbarui: 6 Mei 2024   12:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Interaksi Manusia dan Lingkungan/https://bobo.grid.id/read/083491070/bagaimana-cara-petani-meningkatkan-hasil-produksi-pada-sektor-agraris?page=all

Oleh : Aziz Dana Rosardi, 221380008, Mahasiswa Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang menyangkut hubungan antara individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, Dalam interaksi sosial, disyaratkan kontak sosial dan komunikasi antara pihak yabg berinteraksi, Selain berinteraksi sosial, manusia juga berinteraksi dengan alam.

Manusia hidup membutuhkan alam sebagai sumber makanan dan penghidupan Tanpa adanya alam, manusia tak akan bisa hidup dan bertahan.

Interaksi Manusia dan Lingkungan adalah hubungan timbal balik antara manusia dengan alam yang kemudian saling mempengaruhi. Manusia dan alam adalah dua hal yang tidak dapat di pisahkan. Interaksi antara keduanya terjalin terus menerus dari manusia lahir hingga meninggal dunia. Alam merupakan tempat manusia menjalankan aktivitas dan kehidupannya. Manusia memerlukan lingkungan yang aman dan nyaman untuk ditinggali. Alam sangat berperan penting dalam kehidupan manusia. Sehingga tugas manusia yang diberi kelebihan akal oleh Tuhan sudah seharunya dapat menghargai dan menghormati lingkungan hidupnya, termasuk juga makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Menjaga kelestarian lingkungan merupakan hal yang sangat penting, supaya alam ini tetap terjaga keseimbangannya.

Adapun beberapa contoh interaksi manusia dengan lingkungan seperti:

1. Petani menanam padi di sawah
2. Nelayan menangkap ikan di laut
3. Petani menanam jagung di ladang
4. Manusia menambang batu bara
5. Manusia menanam hutan yang gundul atau reboisasi
6. Menanam tanaman hias
7. Jual beli hewan ternak
8. Jual beli tanaman hias
8. Menanam pohon
9. Menanam sayuran
10. Menanam buah-buahan
11. Menanam tanaman obat
12. Menanam tumbuhan yang dibutuhkan untuk konsumsi
13. Menguburkan tanah dengan cara membajak atau mencangkul

Dengan memberikan informasi yang sangat rinci dan berkesinambungan, Interaksi Manusia dan Lingkungan sangat penting dalam mendukung pemahaman dan pengelolaan yang efektif. Hal ini sangat berharga untuk menjaga berinteraksi manusia dan keberlanjutan lingkungan yang kritis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline