Lihat ke Halaman Asli

aziz ahlaf

kita hanya berbeda acara dalam menggapai ridho tuhan

Istimewa, Istighotsah Kubro Kemenag Kabupaten Cirebon

Diperbarui: 5 Januari 2020   19:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

menjelang istighotsah dimulai//dokpri

Penghujung tahun 2019, akhir dari rangkaian kegiatan menyambut Hari Amal Bakti (HAB) 74 Kementerian Agama Republik Indonesia yang puncaknya adalah pada 3 Januari 2020. HAB merupakan kegiatan rutin dalam tahunan diselenggarakan serentak diseluruh daerah se Indonesia.

Adalah Kementerian Agama Kabupaten Cirebon salah satunya yang selalu menutup kegiatan HAB dengan Istighotsah kubro, disebut kubro karena dihadiri karyawan dan keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Cirebon terdiri dari seluruh satuan kerja (satker), para pensiunan, alim ulama, pihak terkait.

H. Mujayin Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon melalui H. Mualim Ketua Panitia HAB 74 didampingi para kepala seksi, menyampaikan sambutan sebelum acara dimulai. Bertempat di Lantai dua Aula Kantor (selasa, 31/12/19), dimulai pada pukul 07.30 wib hingga pukul 09.00 wib, beliau mengucupakan rasa syukur atas terselenggaranya Istighotsah ini, juga mengucapkan rasa terima kasih atas bantuan, dukungan, partisipasi, dan kerjasamanya kepada seluruh satker dan semua pihak terkait yang terlibat, semoga Allah Swt memberikan balasan kebaikan berlipat.

H. Mualim berharap Istighotsah Kubro ini ibarat HP disaat kondisi tertentu harus di charge ulang, untuk mencharge hp tak harus menunggu bateri lemah atau habis total, ibarat akan menempuh perjalan jauh, kondisi baterai hp tersisa 80% pun boleh dilakukan charge ulang hingga 100%. Dalam realisasi aktifitas keseharian terlebih dalam suatu kondisi kesibukan pekerjaan adakalanya harus dilakukan kegiataan batiniyah semisal Istighotsah agar kejiwaan sesorang yang mengalami fluktuatif bisa kembali fresh.

Istighotsah ini dimulai dari pembacaan hadoroh silsisalah untu kirim doa dan fatihah kepada para leluhur yang telah pergi mendahului kita, sebagai bentuk batiniyah kecintaan kepada para leluhur, karena bagaimana pun perjuangan dan jasa-jasa mereka tidak boleh terlupakan yang telah gigih membela tanah air indonesia terlebih para alim ulama dalam menyebarkan syiar islam tanpa pamrih.

Ada yang unik dari Istighotsah kubro ini karena berbarengan dengan lomba kreaifititas merangkai Kue atau jajanan dan nasi tumpeng oleh Darmawanita Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, peserta terdiri dari MTsN sejumlah 12, MAN berjumlah 5.

Terlebih di hari yang sama pun ada kegiatan Peresmian Gedung Baru untuk Kantor Haji yang berlokasi bersebelahan dengan kantor utama Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, gedung baru tersebut diberi nama PPHUT (Pusat Pelayanan Haji Umroh Terpadu), itu berarti ketua Panitia HAB 74 harus benar-benar matang dalam pengkondisian sarana dan waktu, dan koordinasi dengan panitia peresmian Gedug Baru PPHUT.

Akhir acara diisi dengan ramah tamah, dan dilanjut dengan penilaian lomba kreatifitas merangkai kue oleh darmawanita, sebelum nantinya berpindah acara ke Peresmian Gedung bertempat di Halaman kantor selang beberapa jam.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline