Lihat ke Halaman Asli

Azizah Yuniarfika

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Mini Pengabdian Masyarakat: Edukasi PHBS pada Anak Usia Dini di KB-TK Amanah

Diperbarui: 25 Oktober 2022   11:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto tim pengabdian dengan siswa serta guru KB-TK Amanah (dokpri)

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. Sebagai bentuk pengabdian masyarakat, Mahasiswa Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Universitas Negeri Malang memberikan edukasi terkait PHBS dengan sasaran siswa-siswi serta guru KB-TK Amanah di Kabupaten Malang. 

Kegiatan berlangsung dengan tujuan untuk memberikan edukasi terkait penerapan kehidupan yang bersih dan sehat sedini mungkin guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Kegiatan dilaksanakan di KB-TK Amanah yang berlokasi di Jalan Sonotengah No. 22 Desa Kebonagung Kec. Pakisaji Kab. Malang. Kegiatan berlangsung pada tanggal 15 Oktober 2022 yang dimulai sejak pukul 08.00 hingga 10.00 WIB.

Kegiatan diawali dengan kegiatan aktivitas fisik berupa senam sehat gembira. Senam ditujukan untuk memberikan edukasi bahwa kegiatan fisik dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh.

Foto kegiatan senam bersama (dokpri)

Setelah kegiatan aktivitas fisik, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi terkait cara mecuci tangan dan juga pedoman gizi seimbang. 

Pemberian materi berlangsung dengan metode tanya jawab, menyanyikan lagu “7 Langkah Cuci Tangan” dan “Isi Piringku” serta kegiatan mewarnai bersama. 

Menyanyikan lagu 7 Langkah Cuci Tangan bersama-sama(dokpri)

Kegiatan tanya jawab setelah materi(dokpri)

Pemberian materi cara mecuci tangan bertujuan agar siswa-siswi dapat menerapkan kebersihan sedini mungkin serta diharapkan mereka dapat mengerti cara mecuci tangan yang baik dan benar. 

Selain itu, pemberian materi isi piringku serta kegiatan mewarnai diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa-siswi mengenai makanan sehat yang harus dikonsumsi guna menjaga kesehatan dan stamina tubuh.

Menyanyikan lagu Isi Piringku bersama-sama(dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline