Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Lakukan Pemeriksaan Jentik Nyamuk ke Rumah Warga

Diperbarui: 21 November 2020   08:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemeriksaan Jentik Nyamuk Oleh Mahasiswa KKN | Dok. KKN

Jum'at, (20 November 2020) mahasiswa KKN RDR 75 UIN Walisongo melakukan kegiatan pemeriksaan jentik nyamuk ke setiap rumah warga Perumahan bank Niaga, Ngaliyan. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi adanya nyamuk demam berdarah.

Kegiatan ini merupakan salah satu program mingguan di perumahan Bank Niaga yang dilakukan setiap hari jum'at pagi oleh perwakilan warga yang diutus oleh bu RT. Tim KKN DR 75 posko 53 yang terdiri dar 15 orang dibagi menjadi 3 tim untuk berpencar kerumah-rumah warga agar pemeriksaan jentik selesai lebih cepat.

Bu Tuti  sebagai ketua kegiatan ini sekaligus Bu RT mengatakan bahwasanya pemeriksaan jentik-jentik nyamuk ini perlu diberi perhatian lebih, karena dari jentik lah penyakit itu datang. Menurut beliau hewan kecil seperti jentik jangan diremehkan karena meskipun kecil tapi memberi dampak yang negatif. Karena itulah pemeriksaan jentik-jentik nyamuk ini harus rutin dilakukan demi kemaslahatan bersama.

Tim KKN posko 53 difasilitasi oleh bu RT beberapa senter dan data warga untuk dicatat dimana saja yang positif ada jentik dan negatif jentik. Adapun pemeriksaan jentik ini tidak hanya sebatas pada bak kamar mandi saja, tetapi juga di setiap genangan air yang ada di sekitar rumah warga misalnya pot bunga, endapan air dispenser, kulkas dan tempat lainnya yang sedikit besar kemungkinan ditempati oleh jentik nyamuk.

Widya, salah satu mahasiswa tim KKN posko 53 mengatakan bahwa pemeriksaan jentik ini perlu diberi apresiasi karena menurutnya lebih baik mencegah daripada mengobati. Kegiatan ini memang harus di lakukan rutin agar warga bisa hati-hati terhadap jentik dan karena adanya pemeriksaan ini kita berusaha untuk mencegah adanya penyakit yang bersumber dari jentik tersebut sebelum berubah menjadi nyamuk demam berdarah.

Penulis: InaAdeIrmaSuryani




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline