Lihat ke Halaman Asli

Nur Hazizah

Mahasiswi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Digital Marketing: Alat Nilai Produk Inovatif UMKM

Diperbarui: 20 Mei 2023   06:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mengenal Lebih Dalam Digital Marketing

Saat ini, tidak mungkin tanpa alat digital marketing untuk mengevaluasi lingkungan pasar, lingkungan bisnis yang kompetitif, analisis audiens target, analisis marek, dan penawaran produk. Alat digital marketing berkontribusi pada pembentukan konsep kreatif partisipasi dalam jejaring sosial untuk mempromosikan merek, persiapan, dan promosi konten vidio. Fungsi tujuan digital marketing adalah untuk memusatkan upaya pemasaran pada penggunaan teknologi dan layanan informasi secara efektif sebagai hasil dari penggantian investasi yang tepat waktu (pengembalian investasi -ROI) dan memperoleh keuntungan yang diinginkan.

Faktor Penting Digital Marketing

Faktor penting dalam efektivitas pemasaran adalah penggunaan alat digital marketing modern. Pada saat yang sama, saya dapat mangatakan bahwa untuk semua jenis inovator perusahaan (baik yang terorganisir maupun spontan), tahap yang paling menantang adalah tahap pengembangan inovasi terkait dengan memastikan pemenuhan persyaratan proyek oleh UMKM di sepanjang rantai nilai. Rantai nilai adalah kemampuan suatu produk, jasa, atau aktivitas untuk memuaskan suatu kebutuhan atau memberikan manfaat bagi seseorang, organisasi, dan masyarakat. UMKM yang sukses memahami bahwa tujuan bisnis apapun adalah untuk menciptakan nilai bagi pelanggan, karyawan, investor, dll.

Rantai Produk Inovatif Pada UMKM

Konsumen adalah mata rantai terakhir dalam rantai nilai. Semuanya dimulai dan diakhiri oleh klien, dan satu-satunya inti keuntungan adalah klien. Bisnis hanya memiliki dua jalur menuju sukses yaitu pemasaran dan inovasi. Merek bekeja untuk hasil dan yang lainnya melipatgandakan biaya. Konsep pemasaran modern difokuskan pada penciptaan nilai bagi konsumen. Tugas UMKM adalah mengembangkan rencana pemasaran untuk kreasi, promosi, dan penyediaan mereka. Sebagai bagian dari rencana pemasaran, kegiatan pemasaran dikembangkan untuk unsur-unsur bauran pemasaran. Dan penggunaan aktif pemasaran digital adalah dalam rantai nilai barang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline