Lihat ke Halaman Asli

Antusiasme Masyarakat Dusun Krajan, Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari dalam Program Posyandu Balita

Diperbarui: 9 Agustus 2022   22:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama kader posyandu Desa Langkap Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember/dokpri

Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan suatu kegiatan pemeliharaan kesehatan yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan di suatu wilayah kerja Puskesmas. 

Pada hari Selasa tanggal 2 Agustus 2022 Dusun Krajan, Desa Langkap, Kecamatan Bangsalsari mengadakan posyandu balita di Pustu (Puskesmas Pembantu) yang letaknya dibelakang Balai Desa Langkap. Tujuan diadakannya posyandu yaitu untuk memantau perkembangan gizi ibu, bayi dan balita. 

Dua Mahasiswa KKN Kolaboratif Posko 146 yang berasal dari jurusan keperawatan turut andil dalam menyukseskan kegiatan posyandu. Saat sampai di pustu bidan desa menerima dan mengarahkan mahasiswa untuk membantu para kader. 

Kegiatan posyandu dimulai dari jam 08.00 sampai jam 12.00, kegiatan tersebut terdiri dari pendaftaran, penimbangan berat badan, mengukur tinggi badan, pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat) yang dilakukan oleh kader yang sudah menerima pelatihan antropometri yang dilakukan oleh bidan dan perawat dari puskesmas Bangsalsari. 

Foto pengukuran tinggi badan balita di Posyandu Desa Langkap/dokpri

Terdapat ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kandungan dan pemberian Imunisasi Campak pada balita yang dilakukan oleh Bidan Desa. Setelah melakukan penimbangan dan pengisian KMS balita diberikan vitamin A dan diarahkan ke bidan untuk dilakukan imunisasi, pencatatan dan penyuluhan. 

Antusiasme masyarakat terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir dalam mengikuti kegiatan posyandu. Dari hal tersebut bisa dilihat bahwa besarnya kepedulian ibu terhadap kesehatan anaknya sangat besar.

Dengan adanya posyandu balita, kesehatan keluarga di Indonesia diharap dapat menjadi lebik baik, khususnya untuk memperbaiki gizi dan mencegah stunting (kerdil) pada balita dan anak -- anak. 

Bertepatan dengan adanya program bulan imunisasi anak nasional yang bertujuan upaya menutup kesenjangan imunitas di masyarakat. Sehingga, bidan desa memberikan imunisasi Campak pada balita. Kegiatan posyandu ini dilakukan setiap 1 bulan sekali di 9 tempat yang berada di Desa Langkap, Kecamatan Bangsalsari. Masyarakat menganggap kegiatan ini sangat membantu




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline