Lihat ke Halaman Asli

Azizah Nur Rahma

Mahasiswi UISI Eksyar

Desa Kedung Sumber Kembali Terpilihnya pada Pelaksanaan Program KKN UISI Tahun 2023

Diperbarui: 13 Maret 2023   20:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembukaan Pelaksanaan KKN UISI Kecamatan Balongpanggang di Aula Kantor Kecamatan Balongpanggang/Dokpri

TERLAKSANANYA PENGABDIAN MASYARAKAT OLEH MAHASISWA, DESA KEDUNG SUMBER KEMBALI TERPILIHNYA PADA PELAKSANAAN PROGRAM KKN UISI TAHUN 2023

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa adalah salah satu program yang penting sebagai bentuk implementasi pembelajaran di tingkat perguruan tinggi atau universitas, pengabdian masyarakat mempunyai banyak jenis dan macam nya, dengan tujuan mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari ke dunia masyarakat. 

Pada jenjang perguruan tinggi atau universitas, program pengabdian masyarakat biasa disebut Kuliah Kerja Nyata yaitu salah satu program dari kementrian pendidikan, budaya, riset, dan teknologi, yang mengajak mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia masyarakat, membangun kehidupan masyarakat, sehingga Indonesia dapat lebih berkembang dengan adanya program ini. Pada pengertiannya Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah kegiatan belajar berbentuk pelaksanaan implementasi ilmu dan teknologi yang diperoleh mahasiswa ke tengah masyarakat untuk kesejahteraan publik. 

KKN dapat dikonversi menjadi beberapa Satuan Kredit Semester (SKS) dan bahkan menjadi syarat kelulusan di sejumlah kampus. Beberapa kampus atau perguruan tinggi mewajibkan KKN untuk semua mahasiswa menjelang semester akhir, seperti semester 5 dan 6. Di kampus -- kampus ini, KKN harus dilaksanakan karena menjadi bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat. Salah satu universitas yang melaksanakan program KKN adalah Universitas Internasional Semen Indonesia, di Kabupaten Gresik.

Pelaksanaan penutupan KKN UISI Desa Kedung Sumber di Balai Desa Kedung Sumber/Dokpri

Pada tahun 2023, Universitas Internasional Semen Indonesia, kembali melaksanakan kegiatan KKN atau Kuliah Kerja Nyata bagi mahasiswa nya, pelaksanaan KKN berfokus pada wilayah kabupaten Gresik, salah satunya Desa Kedung Sumber, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, yang menjadi salah satu desa terpilih dalam pelaksanaan KKN UISI tahun 2023, Kami Kelompok 6 KKN UISI yang beranggotakan 8 orang yang terdiri dari berbagai jurusan di UISI menjadi kelompok yang mengabdikan diri kepada masyarakat Desa Kedung Sumber, membawa program kerja berfokus pada pengembangan UMKM, Lingkungan, dan Masyarakat dengan harapan dapat mengimplementasikan ilmu dan mengembangkan potensi di Desa Kedung Sumber. 

Pelaksanaan KKN di Desa Kedung Sumber dibuka di Kantor Kecamatan Balongpanggang pada hari senin (06/02/23) tepat hari pertama pengabdian masyarakat kami dimulai, waktu pelaksanaan KKN UISI 2023 adalah 21 hari, dimulai dari tanggal 6 Februari -- 26 Februari 2023. Berakhir nya pengabdian kami adalah dengan dilaksanakannya penutupan di kecamatan Balongpanggang, dan di Kantor Desa Kedung Sumber yang dihadiri langsung oleh Bapak Kepala Desa Kedung Sumber, Bapak Wahono Yudo. 

Acara penutupan dilaksanakan pada hari Jum'at (24/02/2023), dengan hal tersebut, maka pelaksanaan pengabdian masyarakat Kelompok 6 KKN UISI 2023 telah selesai di Desa Kedung Sumber. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar -- besarnya kepada para masyarakat dan teman -- teman kami di Desa Kedung Sumber.

"Saya mengucapkan terima kasih karena telah memilih Desa Kedung Sumber pada pelaksanaan KKN UISI 2023, pesan saya, ilmu itu tidak harus tentang sebuah pelajaran namun dengan hidup dan terjun langsung dalam masyarakat menjadi salah satu ilmu penting yang tidak diajarkan di bangku pendidikan." Pungkas Bapak Wahono Yudo, Bapak kepala Desa Kedung Sumber dalam penunutupan pengabdian masyarakat atau KKN di Balai Desa Kedung Sumber.

Sebagai bentuk penerapan ilmu dalam kehidupan bermasyarakat, program KKN atau pengabdian masyarakat menjadi sangat penting untuk dilaksanakan, sekaligus sebagai penerapan TRI DHARMA Perguruan Tinggi di Indonesia. Mari bersama -- sama membangun negeri dengan mengabdikan diri kepada masyarakat. Hidup Mahasiswa. KKN UISI GO!GO!GO!.

Refrensi Artikel

Wulandari, T. (2022, August 4). detikedu. Retrieved from detik.com.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline