Lihat ke Halaman Asli

azizah

Guru

Tren Permainan Lato-lato di Kalangan Anak-anak

Diperbarui: 11 Januari 2023   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Games. Sumber ilustrasi: Unsplash

TREN PERMAINAN TRADISONAL LATO-LATO DIKALANGAN ANAK

Permainan tradisional banyak sekali yang dapat dimainakan namun beberapa permainan banyak yang dilupakan namun. sekarang ini muncul permainan lato-lato yang mulai di gemari anak bahkan dewasa. Lato-lato adalah suatu mainan yang terdiri dari dua bola ber-bahan plastik polimer. 

Kedua bola ini disambung seutas tali atau benang paada bagian tengah tali, terdapat cincin yang digunakan untuk memegang atau menggerakkan dua bola plastic sehingga menimbulkan suara yang nyaring"tek-tek-tek".

Lato-lato kini menjadi permainan favorit dikalangan anak anak, selain harganya murah ini menjadi daya tarik mengapa permainan ini di gemari, melatih fokus dan  konsentrasi karena dalam lato-lato bergerak harus ada kelihaian posisi sehingga bisa memainkan lato-lato dengan baik, membatu melatih gerak motoric dan koordinasi anak. bahkan ada beberapa pihak yang membuatkan lomba memainkan lato-lato dengan berbagai hadiah menarik, selain lomba di acara pernikahan lato-lato juga di mainkan saat mempelai masuk ke arena pelaminan suara dari lato-lato seakan mengiringi sejoli tersebut. 

Namun permainan ini membawa dampak negative yakni menimbulkan suara bising bahkan dapat berbahaya sampai dengan membuat luyka disalah satu bagian tubu cth mata, pembengkakan pada tangan, itulah bebberapa dampak postif dan negative permainan lato-lato yang wajib kita ketahui sehingga kitab isa mengawasi anak anak kita ketika mereka memainkan permainan tersebut. Semoga bermanfaat terimakasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline