Lihat ke Halaman Asli

aziz muslim

bali-jember

Harapan Baru

Diperbarui: 18 Mei 2019   09:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Jaya Indonesiaku,.,,,.,..

Indonesia adalah negara yang sangat kaya raya yang mana potensi kekayaan alamnya sangatlah luar biasa,baik dari daya alam hayatinya maupun non hayati. Bisa kita bayangkan bukan, kekayaan alamnya mulai dari kekayaan laut, daratan, bumi, dan kekayaan lainnya yang terkandung di dalam bumi Indonesia kita tercinta yang mungkin tidak dapat di hitung. Coba apabila kita lihat dari segi geografisnya, dari sabang sampai merauke, terbentang luas dan tidak sedikit pulau yang ada di Indonesia kita ini.

Di mulai dengan pulau besar, seperti pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, serta Irian Jaya. Namun ada dsamping itu pula terdapat ribuan pulau yang mengelilingi alam Indonesia kita ini. Maka dari itu, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang sangat besar dan melimpah.

Negara Indonesia kita ini pada umumnya memiliki dua musim, yakni musim kemarau dan musim hujan. Dan merupakan negara yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi. Maka dari itu kita dapat lihat dari segi astronominya, ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi bumi Indonesia kita ini. 

Salah satunya tanaman dapat tumbuh dengan subur dan berkembang dengan baik secara cepat. Kemudian Indonesia memiliki berbagai macam jenis tanaman yang mana juga dapat memberikan peran yang sangat besar akan kekayaan alam negara kita ini.

Kemudian ada dua samudra besar yang mengelilingi kepulaun Indonesia kita ini diantaranya samudra hindia dan samudra pasifik. Kepulauan Indonesia kita ini memiliki wilayah yang mayoritas adalah perairan yang mana juga memberikan peran yang sangat besar bagi kekayaan alam Indonesia kita ini.

Coba kita bayangkan kawan dapatkah kita menghitung kekayaan alam melimpah yang di miliki oleh negara Indonesia kita ini.Selain itu, laut juga menghiasi alam Indonesia kita ini. Banyak berbagai macam sumber daya alam yang terkandung di dalamnya diantaranya sumber daya alam hewani dan nabati serta mineral. 

Berbagai macam aneka biota laut dan berbagai macam jenis maupun ukuran menghiasai kekayaan alam laut kita. Rumput laut adalah salah satsu contoh dari suber daya alam nabati.

Indonesia kita ini tidak hanya sekedar terbatas dengan kekayaan hayatinya saja tetapi juga non hayatinya, seperti berbagai macam aneka tambang yang terkandung dalam perut bumi Indonesia kita ini seperti miyak bumi, batu bara, gas alam, dan lain sebagainya akan tetapi sumber daya alam ini tidak dapat diperbaharui. 

Dan kekayaan alam ini diperuntutkan untuk seluruh rakyat Indonesia kita ini. Yang terpenting adalah bagaimana cara mengelola untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia kita ini karna kekayaan alam Indonesia tersebut adalah hak seluruh rakyat Indonesia.

Maka dari itu jangan sampai negara lain yang menikmati kekayaan alam milik kita ini, namun negara kita sendiri tidak sejahtera. Apabila kesejahteraan rakyat meningkat maka negara kita perekonomiannya pun akan meningkat. Selain itu kekayaa alam tersebut ditunjukkan pula untuk kemakmuran kita bersama, maka dari itu kita harus dapat memberdayakan potensi kekayaa alam yang melimpah ini demi mewujudkan kemakmuran dan meninghkatkan perekonomian negara Inonesia kita ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline