Oli di motor bagaikan darah, salah ganti oli akibatnya turun mesin! tapi kok judul diatas bilang bebas ya...........?
pernahkan ganti merek oli, terus beberapa bulan kemudian turun mesin, kasian deh!.. Oke saya mau sharing masalah oli dan speknya.
Sebelum ngomongin yang aneh-aneh pahami dulu arti kodenya.
API (American Petroleum Institue)
American Petrolume Instiute adalah sebuah lembaga resmi di Amerrika Serikat yang diakuai di seluruh dunia, yang membuat kategori pelumas mesin berbahan bakar bensin ditandai dengan huruf S (Spark) sedangkan untuk mesin diesel (berbahan bakar solar) ditandai dengan huruf C.
Klasifikasi sesuai dengan tingkat kemampuan pelumas dimulai dari yang terendah adalah SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SL, dan SN (untuk mesin bensin) dan CA, CB, CC, CD, CE, CF-4, CH-4 dan CI-4 (untuk mesin diesel). Semakin tinggi urutan abjadnya maka semakin bagus kualitasnya yang memenuhi standar mutu ditandai dengan pencantuman kata "API Services".
SAE (Society of American Engineers)
Dalam pelumas dikenal dua tingkat kekentalan yaitu:
1. Pelumas dengan kekentalan tunggal (mono grade)
Mono grade ditandai dengan satu angka SAE misalnya SAE 10, SAE 30, SAE 40, SAE 90, dll
2. Pelumas dengan kekentalan ganda (multi grade)