Lihat ke Halaman Asli

Masiga Center, Nominator Penghargaan Pelayanan Publik PBB

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14010954361182850766

Kepala Kantor Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal (KP3M) Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Syamsir, S.IP, M.Si menyatakan saat ini KP3M Barru sedang mengembangkan pelayanan perizinan dengan pola Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) lewat program yang dinamakan Masiga Center. Masiga sendiri adalah akronim dari Ramah, Pasti, dan Gampang. sedangkan dalam bahasa Bugis, kata masiga berati cepat. Dengan semangat Masiga, KP3M Barru telah meningkatkan kualitas layanan.

Masiga Center bahkan kini masuk nominator penghargaan pelayanan publik dari Badan Dunia yang memberikan pernghargaan kepada inovasi pelayanan publik.

‘’Alhamdulillah, Masiga Center sudah masuk dalam penilaian lima besar UNPSA (United Nation Public Service Award - red). Hal ini bisa terwujud atas dukungan Kinerja USAID serta berbagai pihak di antaranya asosiasi pengusaha, SKPD teknis, legislatif, dan lembaga-lembaga lainnya,’’ ungkap Syamsir kepada peserta pelatihan jurnalis warga yang melakukan praktik peliputan di kantor tersebut, Sabtu (17/05/2014).

Syamsir menambahkan pengembangan PTSP Masiga Center, menurut Syamsir, saat ini sedang dalam pembenahan kantor baru di Jl. Sultan Hasanuddin (bekas kantor bupati yang lama). Di gedung Masiga Center ini akan menjadi kantor pusat pelayanan publik, yang di dalamnya selain KP3M juga Kantor Catatan Sipil, Pusat Pelayanan Informasi Pajak (PPIP), serta kantor-kantor yang terkait dengan pelayanan publik.

Untuk mewujudkan rencana peningkatan kualitas pelayanan ini, KP3M saat sangat membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi. Tenaga di bidang teknologi informasi menjadi salah satu kendala dalam pengembangan Masiga Centre.

Saat ini, kata Syamsir, KP3M juga sedang dalam proses penggunaan sistem SMS gateway dalam melakukan layanan perizinan. Penarapan sarana informasi ini didampingi oleh JURnaL Celebes dalam konteks program Kinerja USAID.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline