LATAR BELAKANG
Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa dari sekian banyak bahasa di dunia,sekaligus bahasa yang digunakan sebagai bahasa Al-Qur'an dan Hadist yang merupakan sumber hukum Islam, hingga tanpa memahami nya kita akan sulit untuk mengerti dan faham akan isi dari Al-Qur'an dan Hadist.Oleh karenanya salah satu kebijakan pemerintah dibawah naungan departemen agama, bahasa arab adalah mata pelajaran wajib yang harus dipelajari di lembaga pendidikan Islam.Belajar bahasa arab adalah suatu kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi siswa.bahkan sudah merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari semua kegiatan dalam menuntut ilmu di lembaga formal maupun nonformal.Dalam mempelajari suatu ilmu akan ada beberapa kendala atau kesulitan yang di alami,khususnya dalam mempelajari ilmu bahasa arab.Karena ilmu bahasa arab memiliki keunikannya tersendiri sehingga bagi pelajar yang awam mempelajari bahasa arab akan mengalami kesulitan,bahwasanya banyak sekali siswa yang masih belum menguasai pelajaran dasar bahasa Arab seperti kesulitan dalam membaca, menyimak, berbicara dan menulis bahasa arab serta kesulitan untuk menghafal mufrodat (kosa kata) sehingga siswa ataupun merasa kesusahan untuk merangkai sebuah kata ataupun kalimat sederhana dalam bahasa arab.Oleh karena itu,karya ini ditulis untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar arab di kelas Xll MAN Salatiga,faktor yang menyebabkan kesulitan belajar bahasa arab dan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar bahasa arab di kelas Xll MAN Salatiga.
RUMUSAN MASALAH
1. Faktor apa yang mempengaruhi siswa kelas Xll MAN Salatiga kesulitan dalam mempelajari bahasa arab?
2. Bagaimana upaya untuk mengatasi siswa kesulitan mempelajari bahasa arab dan bagaimana meningkatkan minat belajar bahasa arab bagi siswa kelas Xll MAN Salatiga?
PEMBAHASAN
Di lembaga pendidikan Islam,bahasa arab merupakan pelajaran yang wajib untukdiajarkan, karena dipandang sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam,khususnya di kelas Xll MAN Salatiga,dalam proses belajar mengajar bahasa arab di kelas Xll MAN Salatiga ditemukan beberapa siswa yang mengalami kendala/kesulitan memahami materi,faktor kesulitan itu terbagi menjadi dua,yaitu faktor internal dan faktor eksternal.Faktor internal yang menjadi penyebab yaitu :
1) Latar belakang Pendidikan siswa sebelumnya yang bukan berasal dari madrasah atau pesantren.
2) Kesulitan dalam membaca kalimat Bahasa Arab,khusunya bagi siswa yang belum pandai membaca Al-Quran
3). Penyebutan Bahasa Arab yang belum fashih
4). Kurangnya penguasaan mufrodat sehingga sulit dalam menerjemahkan