Lihat ke Halaman Asli

Jangan Tanam Singkong!

Diperbarui: 24 Juni 2015   23:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humor. Sumber ilustrasi: PEXELS/Gratisography

Terkisah disuatu desa terpencil seorang petani kaya dengan kenalan diberbagai tempat mencoba menanam tanaman yang sebelumnya belum pernah ia tanam juga belum begitu ia kenal.

Tanaman itu adalah singkong. Langsung saja ia menggelontorkan jutaan rupiah untuk membeli dan menanami lahannya dengan singkong.

Singkat cerita, singkong itu sudah siap untuk dipanen, namun petani itu bukannya bahagia karena sebentar lagi mau panen singkong untuk pertama kali, eee malah dia menggerutu kepada para kenalannya yang dari kota saat mereka main ke desanya.

Petani : " Aku rugi namam singkong! " (nada kesal)

Teman petani : " Lho, kenapa toh kang? "

" Ini lho, singkongnya tidak berbuah-buah " jawabnya.

" Maksudnya gimana kang " tanya teman petani satunya lagi.

" Lihat toh, singkongnya gak ada buahnya, ngerti buah singkong ndak ? " petani itu dengan nada tinggi mencoba memperlihatkan pucuk tanaman singkong yang tak ada buahnya itu.

Dengan tenang, seorang teman petani itu menjelaskan kalau singkong tidak berbuah seperti tanaman jagung atau padi. Lantas ia mencabut sebuah pohon singkong dan memperlihatkan umbi singkong kepada petani.

" Ini lho kang, hasil singkong itu dibawah bukan diatas " kata teman itu. Pak tani yang kaya raya itu pun malu karena baru tahu kalau ternyata singkong tidak berbuah. Teman-teman petani yang lainnya sontak cengar-cengir dengan ending kisah ini.

#Hikmah = Segala sesuatu itu ada ilmunya, kalau belum tahu ilmunya jangan segan bertanya dan jangan cepat menyebarkan informasi yang belum kita ketahui kebenarannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline