Lihat ke Halaman Asli

M. Azfa Isdihar

Mahasiswa di Universitas Sebelas Maret Surakarta

Sosok Baru Dilan

Diperbarui: 23 April 2023   14:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ancika 1995. (Sumber gambar: instagram.com/bahasa_hanief )

Karakter Dilan yang populer dalam film Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea: Suara dari Dilan, yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, kini digantikan oleh Arbani Yasiz dalam film terbaru berjudul Ancika 1995. 

Pemilihan Arbani Yasiz sebagai Dilan memang mengejutkan banyak orang, terutama karena Iqbaal Ramadhan sangat melekat dengan sosok Dilan. Namun, menurut sang sutradara, pergantian pemeran Dilan ini menjadi tantangan tersendiri karena ada penyesuaian karakter dimana Dilan yang sebelumnya adalah siswa SMA, kini telah menjadi mahasiswa Seni Rupa ITB. Hal ini membuat Arbani Yasiz dinilai lebih cocok memerankan sosok Dilan versi mahasiswa yang dianggap lebih dewasa.

Film Ancika 1995 diangkat dari novel berjudul Ancika: Dia yang Bersamaku di Tahun 1995, karya Pidi Baiq, yang dirilis pertengahan tahun 2021. Film Ancika 1995 merupakan lanjutan dari tiga film sebelumnya dan disutradarai oleh Benni Setiawan. Selain Arbani Yasiz sebagai Dilan, karakter utama dalam film Ancika 1995 juga menampilkan Azizi Shafaa Asadel atau yang kerap disapa Zee JKT48 sebagai Ancika.

Selain pemeran Dilan yang berbeda, film Ancika 1995 juga dibuat oleh rumah produksi yang berbeda. Tiga film sebelumnya diproduksi oleh Max Pictures dan Falcon Pictures. Sedangkan film Ancika 1995 diproduksi oleh Enam Sembilan Production dan The Panasdalam Pictures.

Film Ancika 1995 mengisahkan tentang Dilan yang berusia 24 tahun atau tepatnya ketika masih kuliah, sedangkan Ancika masih duduk di bangku SMA dan berusia 17 tahun. Ancika dianggap sebagai pengganti Milea yang merupakan mantan kekasih Dilan sebelumnya.

Ancika dan Milea juga digambarkan memiliki karakter yang berbeda satu sama lain. Milea merupakan masa lalu untuk Dilan, sebaliknya Ancika adalah masa kininya.

Rencananya, film ini ingin mengajak penonton untuk melihat sisi dewasa Dilan. Tidak ada lagi sosok Dilan sebagai pemimpin geng motor di Kota Bandung. Ia berubah menjadi seorang mahasiswa yang cerdas serta banyak akal.

Meskipun begitu, sifat khas asli Dilan tetap menempel yaitu humoris dan menyenangkan. Sedangkan untuk karakter Ancika, ia digambarkan adalah sosok yang membuat Dilan penasaran. Walaupun sifatnya saling berbeda satu sama lain, karakter Dilan dan Ancika diharapkan cocok.

Lantas, mengapa Iqbaal tak lagi memerankan tokoh Dilan dalam film Ancika 1995?

Menurut Benni, Iqbaal sudah tidak ingin ikut serta untuk menjadi tokoh Dilan lagi. Selain itu, ia juga berpendapat jika Arbani adalah sosok yang sempurna untuk menggantikan Iqbaal.

Sementara itu, Iqbaal sendiri juga merasa jika tokoh Dilan terlalu melekat pada dirinya. Ia ingin menjajal karakter lainnya untuk ke depannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline