Bahasa merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Bahasa merupakan alat yang paling efektif untuk berkomunikasi ataupun kontak dengan manusia lain. Melalui bahasa, siswa mampu memahami penjelasan yang disampaikan guru dan sesama siswa. Belajar bahasa Indonesia merupakan salah satu sarana yang dapat mengakses berbagai informasi dan kemajuan ilmu pengetahuan. Untuk itu, kemahiran berkomunikasi dalam bahasa Indonesia secara lisan dan tertulis harus benar benar dimiliki dan ditingkatkan dalam pembelajaran.
Dalam proses pengajaran diperlukan sebuah strategi untuk memudahkan mentransfer pelajaran yang akan disampaikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Gerlach dan Ely (1980) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Selanjutnya dijabarkan oleh mereka bahwa strategi pembelajaran dimaksud meliputi sifat lingkup dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar peserta didik.
Strategi pembelajaran adalah siasat guru dalam mengefektifkan, mengefisiensikan, serta mengoptimalkan fungsi dan interaksi antar siswa dengan komponen pembelajaran dalam suatu kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pengajaran.
Strategi pembelajaran mencakup empat hal, yaitu:
1. Penetapan tujuan pembelajaran
2. Penetapansistem pendekatan pembelajaran
3. Pemilihan dan penetapan metode, teknik dan prosedur pembelajaran. Pada bagian ini termasuk penetapan alat, media, sumber dan fasilitas pengajaran serta penetapan langkah-langkah strategi pembelajaran.
4. Penetapan kriteria keberhasilan proses pembelajaran dari dan dengan evaluasi yang di gunakan.
Adapun beberapa jenis strategi dalam pengajaran, yang meliputi:
1. Strategi mengulang. Strategi mengulang terbagi menjadi dua, mengulang sederhana dan mengulang kompleks. strategi mengulang digunakan untuk sekedar membaca ulang materi tertentu dan hanya untuk menghafal saja. Contohnya menghafal alamat, nomor telepon, daftar belanjaan dan lain sebagainya. Penyerapan bahan belajar yang lebih kompleks, memerlukan strategi mengulang kompleks dan menggaris bawahi ide-ide kunci serta membuat catatan pinggir, dan menulis kembali inti informasi yang telah diterima merupakan bagian dari kegiatan mengulang kompleks.
2. Strategi elaborasi. Strategi elaborasi adalah proses penambahan rincian sehingga informasi baru akan menjadi lebih bermanfaat dan lebih bermakna. Strategi elaborasi membantu pemindahan informasi baru dari memori diotak yang bersifat jangka pendek ke jangka panjang dengan menciptakan hubungan dan gabungan antara informasi baru dengan yang pernah ada.