Lihat ke Halaman Asli

Sehat Namun Gratis, Bisakah?

Diperbarui: 17 Juni 2015   21:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Di zaman yang serba modern ini semua membutuhkan uang. Jarang sekali kita menemukan sesuatu yang bermanfaat namun gratis, apalagi untuk masalah kesehatan. Hampir semua yang menyangkut dengan masalah kesehatan itu memerlukan biaya dan biayanya tidak sedikit, karena sehat itu mahal. Aktivitas yang bermanfaat bagi kesehatan namun gratis? Kira-kira ada atau tidak? Jawabannya adalah ada! Aktivitas tersebut adalah tertawa. Tertawa merupakan salah satu aktivitas yang baik bagi kesehatan tubuh serta tidak perlu mengeluarkan biaya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa manfaat tertawa bagi kesehatan tubuh.

1.Meredakan rasa sakit

Dr. William Frey, seorang pakar biokimia dan direktur Dry Eyes and Tears Research Center Mineapolis, mengatakan tawa menggerakkan bagian dalam tubuh, mengaktifkan endokrin—sehingga tubuh termotivasi untuk menyembuhkan dirinya dari penyakit, dan memicu otak untuk memproduksi hormon tertentu—yang berfungsi memicu pelepasan zat pembunuh rasa sakit (endorfin).

2.Tertawa sebagai olahraga

Tertawa terbahak-bahak sangat bermanfaat karena tertawa dapat membuat otot perut, dada, bahu serta pernapasan bergerak sehingga membuat tubuh seakan-akan melakukan jogging. Setelah tertawa tubuh akan merasa rileks seperti usai berolahraga. (Dr. William Foy dari Stanford University).

3.Membakar kalori

Kalori butuh dihilangkan dari tubuh, bila tidak maka akan menimbulkan masalah kesehatan. Selain olahraga, tertawa juga dapat membakar kalori. Karena pada saat tertawa denyut nadi akan meningkat dan dapat membakar kalori lebih banyak.

4.Membuat awet muda

Prof. Dr. Lucille Namehow yang bekerja sebagai pakar yang menangani proses penuaan, memaparkan bahwa tertawa dapat mengawetkan kondisi tubuh. Karena orang yang tertawa lebih sedikit menggunakan otot di wajah ketimbang orang yang sering cemberut. Menurut penelitian, orang yang tertawa hanya memakai satu satuan otot, sedang mimik muka orang yang sedang marah atau kesal harus mengerahkan puluhan otot.

Itulah beberapa manfaat tertawa yang dipaparkan oleh beberapa ahli. Tertawa terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Nikmatilah tertawa untuk membuat hidup Anda ceria dan menyenangkan namun, tentu saja jangan berlebihan sebab semua yang belebihan tidaklah bagus.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline