Lihat ke Halaman Asli

Azahra Nabila

Mahasiswa UPNVJ

Bentuk Perjuangan sebagai Masyarakat Indonesia Terutama Generasi Muda untuk Mewujudkan Terbentuknya Tujuan Nasional

Diperbarui: 30 Juni 2022   13:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai masyarakat Indonesia untuk mewujudkan Tujuan Nasional yang tercantum dalam Alinea ke 4 UUD 1945 yaitu melindungi bangsa dan tanah air Indonesia, wujud perjuangan yang dapat dilakukan sebagai masyarakat Indonesia khususnya sebagai generasi muda tentu tidak lagi menggunakan senjata tajam dan melawan penjajah untuk mendapatkan kemerdekaan, melainkan dengan melakukan berbagai upaya perubahan untuk negara menjadi lebih maju, membangun bangsa yang cerdas, terciptanya sumber daya manusia yang memiliki daya saing untuk mampu bersaing dengan negara lain dan membuat negara Indonesia bangga terhadap generasi muda dengan pencapaiannya. 

Dengan demikian, untuk mewujudkan terciptanya generasi muda sebagai penerima tongkat estafet dan menjadi agent of change hal ini dapat diwujudkan dengan melakukan Pendidikan berkarakter untuk membangun moral yang baik, usaha yang sungguh-sungguh, serta memiliki tekad yang kuat di dalam diri masyarakat Indonesia. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan generasi muda sebagai bentuk perjuangan untuk negara Indonesia yaitu dengan meningkatkan literasi sejak usia sedini mungkin dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan literasi. 

Hal ini dikarenakan dengan meningkatkan literasi memiliki pengaruh yang sangat signifikan untuk perkembangan masyarakat Indonesia, dengan adanya literasi masyarakat akan berpikir secara kritis dan meningkatkan skill berkomunikasi dengan baik saat memecahkan permasalahan, karena seseorang yang memiliki tingkat literasi yang tinggi maka orang tersebut tidak akan asal berbicara saja melainkan perlu melalui proses berpikir secara kritis dan  tentunya hal dapat bermanfaat untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi di dalam diri. Kemudian masyarakat akan tidak mudah untuk termakan hoax, dan dengan adanya literasi menyebabkan masyarakat dapat mengembangkan nilai-nilai budi pekerti di dalam dirinya sendiri untuk menjadi lebih baik lagi. 

Sebagai contoh saya mulai suka membaca dan meningkatkan bacaan saya yang awalnya dari membaca komik, novel remaja dan berujung membaca berbagai hal untuk meningkatkan kualitas diri. 

Selain itu bahan bacaan yang saya baca bukan hanya menggunakan bahasa Indonesia, melainkan adanya beberapa buku bahasa asing yang saya baca. 

Dengan begitu, ketika meningkatkan literasi membuat saya menjadi pribadi yang lebih cerdas karena memiliki berbagai pengetahuan dan mengasah bahasa asing untuk menjadi sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan negara lain dan tentunya menjadi langkah awal untuk dapat berjuang membanggakan negara Indonesia.

Selain itu perjuangan generasi muda yang dapat dilakukan yaitu dengan berkontribusi memajukan negara dengan menjadi seorang relawan, dalam hal ini kita dapat berperan dalam memajukan pengetahuan masyarakat Indonesia yang masih sulit untuk memperoleh ilmu pengetahuan dengan menjadi seorang relawan, seperti mengajar di tempat yang kurang mampu dan memberikan pembelajaran umum seperti bahasa asing, belajar menghitung, belajar bahasa Indonesia yang baik dan benar atau pembelajaran terkait dengan tingkah dan perilaku yang baik secara gratis. 

Dengan menjadi seorang relawan tentu saja sama dengan melindungi bangsa Indonesia dan membantu agar masyarakat Indonesia yang tidak mampu dapat keluar dari kebodohan dan dapat menjadi generasi penerus yang jauh lebih baik di kemudian hari dengan memiliki karakter yang baik untuk memimpin negeri ini.

Dengan demikian, bentuk perjuangan yang dilakukan oleh  generasi muda saat ini terlihat jauh lebih mudah untuk dilaksanakan dibandingkan dengan perjuangan yang dilakukan oleh pahlawan pada masa-masa sebelumnya yang harus mengorbankan harta, pikiran, jiwa dan raga. Namun, jika perjuangan pada masa sekarang tidak dilaksanakan dengan hati tulus dan pikiran yang matang, maka akan tetap terlihat sulit untuk dicapai. 

Oleh sebab itu kita sebagai generasi muda perlu melanjutkan perjuangan para pahlawan untuk mewujudkan tujuan nasional dengan memiliki semangat sepenuh hati dan bertekad di dalam diri untuk dapat mewujudkannya dan tentu memberikan perubahan terhadap negara untuk menjadi lebih maju kedepannya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline