Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Fakultas Vokasi Unair Kenalkan Legalitas dalam Dunia UMKM Kepada Mahasiswa

Diperbarui: 10 Oktober 2024   02:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: pribadi

Pada 28 September 2024, mahasiswa dengan program studi Destinasi Pariwisata Fakultas Vokasi Universitas Airlangga sukses menyelenggarakan seminar yang yang bertajuk "Bon Travail: Seminar Legalitas UMKM" dengan tema kegiatan "Langkah Awal Menuju Kepatuhan 2025". Seminar ini memiliki tujuan mengenalkan legalitas yang diperlukan ketika ingin merintis bisnis UMKM. 

Pada seminar ini para peserta akan mendapatkan pengetahuan dari narasumber yang memiliki komunitas "Akademi UMKM Indonesia" yang telah membina banyak para pelaku UMKM, yakni Ibu Penny Agustini. Bu Penny pada seminar ini membahas mengenai  membahas berbagai aspek legalitas, termasuk cara pendaftaran usaha, pengurusan izin, dan manfaat memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). 

Selain Ibu Penny Agustini, terdapat narasumber lainnya yaitu Dr. Sri Endah Nur Hidayati, S.Sos., M.Si. yang merupakan dosen program studi Destinasi Pariwisata Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dan beliau juga mengajar pada sekolah Pasca Sarjana UNAIR. Pada seminar ini beliau memberi wawasan mengenai penguatan UMKM dalam menunjang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Seminar Bon Travail diharapkan dapat membantu para mahasiswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai prosedur yang diperlukan untuk mendirikan usaha UMKM mereka secara sah dengan menawarkan diskusi dan sesi tanya jawab yang menarik. Selain itu, acara ini juga menyediakan forum bagi para mahasiswa untuk berinteraksi dengan para pelaku UMKM yang telah sukses dan berbagi pengalaman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline