Lihat ke Halaman Asli

Keterampilan Membaca Nyaring Pada Jenjang Sekolah Dasar

Diperbarui: 2 Juni 2018   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

JUDUL : 

KETERAMPILAN MEMBACA NYARING PADA JENJANG SEKOLAH DASAR

ABSTRAK :

Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata -- kata / bahasa tulis. Suatu proses yang menuntut agar kelompok kata yang merupakan suatu kesatuan akan terlihat dalam suatu pandangan sekilas dan makna kata -- kata secara individual akan dapat di ketahui dari segi linguistik, membaca adalah suatu proses penyandian kembali dan pembacaan sandi (a recording and decoding prosess), berlainan dengan berbicara dan menulis yang justru melibatkan penyandian (encoding). Sebuah aspek pembacaan sandi (decoding) adalah menghubungkan kata -- kata tulis (written word) dengan makna bahasa lisan (oral language meaning) yang mencangkup pengubahan tulisan / cetakan menjadi bunyi yang bermakna. 

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

     Kita harus menyadari benar bahwa membaca mempunyai peranan sosial yang amat penting dalam kehidupan manusia sepanjang masa. Mengapa? petama, membaca itu merupakan suatu alat komunikasi  yang sangat diperlukan dalam suatu masyarakat berbudaya. Kedua, bahan bacaan yang dihasilakan dalam setiap kurun zaman dalam sejarah sebagian besar dipengaruhi oleh latar belakang sosial tempatnya berkembang itu. Ketiga, sepangjang masa sejarah yang terekam, membaca telah membuahkan dua kutub yang sangat berbeda. 

Di satu pihak, membaca itu suatu daya pemersatu yang sangat ampuh, yang cenderung mempersatukan kelompok -- kelompok sosial dengan memberikan pengalaman -- pengalaman umum yang seolah -- olah dialami sendiri dan dengan menanamkan sikap -- sikap, ide -- ide, minat -- minat, dan aspirasi -- aspirasi umum. Di pihak lain, membaca itu telah bertindak sebagai suatu daya pemecah belah, yang cenderung mempertajam perbedaan -- perbedaan antar kelompok sosial dengan jalan merangsang serta mempertebal perbedaan pendapat- pendapat mereka. Karena itulah, salah satu masalah yang kita hadapi kini adalah penentuan cara -- cara agar membaca itu dapat dengan baik mempromosikan kesejahteraan pribadi dan kemajuan kelompok. (Grey, 1957 : 1099).

     Keterampilan membaca dapat dikembangkan secara tersendiri, terpisah dari keterampilan mendengarkan dan berbicara. Pembelajaran di SD diselenggarakan dalam rangka pengembangan kemampuan membaca yang mutlak harus dimiliki oleh setiap warga negara agar dapat mengembangkan diri secara berkelanjutan. Melalui pembelajaran di SD, siswa diharapkan memperoleh dasar-dasar kemampuan membaca di samping kompetensi yang lain. Minat membaca adalah keinginan untuk memperhatikan atau melakukan kegiatan membaca serta memahami isi dari apa yang tertulis. Siswa yang rajin membaca, diharapkan akan mempunyai wawasan yang luas. Dengan membaca, banyak informasi yang akan diperoleh sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Prestasi belajar adalah proses belajar mengajar dan dapat diukur dalam tes.

Rumusan Masalah

Apa pengertian membaca nyaring?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline