Lihat ke Halaman Asli

Ayu Warma

Mahasiswa

Persembahan Nasi Kuning di Hari Raya Kuningan

Diperbarui: 20 November 2021   09:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Perayaan hari raya kuningan merupakan hari raya yang dirayakan bagi umat hindu sedharma di Bali. Perayaan ini jatuh pada hari Saniscara, Kliwon, wuku Kuningan. Hal yang khas dari pelaksanaan hari raya kuningan ini adalah dengan dibuatnya nasi kuning yang bertujuan untuk dihaturkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Biasanya di Desa saya sendiri nasi kuning dibuat pas hari raya penampahan kuningan dengan bahan-bahan rempah dan kemudian dilengkapi dengan bawang goreng.

Persembahan nasi kuning ini diharapkan agar dapat membawa kemakmuran dan juga sebagai tanda dan suksmaning idep sebagai manusia (umat) menerima anugrah dari Hyang Widhi berupa bahan-bahan sandang dan pangan yang semuanya itu dilimpahkan oleh beliau kepada umat-Nya atas dasar cinta-kasihnya. Cara penghaturan nasi kuning tersebut yaitu dengan cara disajikannya nasi kuning tersebut dengan tempat yang terbuat dari kertas, atau busung. Kemudian ditarukannya di bebantenan. Setelah nasi kuning ini dihaturkan kita boleh untuk memakannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline