Lihat ke Halaman Asli

Peran Shadaqah dalam Islam

Diperbarui: 1 Juli 2023   18:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Shadaqah secara bahasa artinya pembenaran. Sedangkan shadaqah secara istilah adalah mengeluarkan harta dengan tujuan untuk mencapai ridho Allah SWT. Sedekah berkaitan dengan perkataan,  perbuatan, dan keyakinan terhadap perintah-perintah Allah Swt.
Zakat juga termasuk shadaqah tetapi shadaqah bukan berarti zakat.  Maksudnya adalah bahwa zakat dan shadaqah memiliki salah satu tujuan yang sama yakni untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. sebagai bentuk keyakinan diri terhadap adanya tuhan. Zakat disini merupakan shadaqah wajib yang dikeluarkan dimana hal tersebut di wajibkan bagi seorang muslim pada bulan suci ramadhan yang mempunyai nishab.
Sedangkan shadaqah merupakan amalan yang dilakukan oleh orang-orang muslim dan hal tersebut bersifat sunnah.
Shadaqah sangat baik bagi setiap orang karena dapat menambah harta seseorang karena bersifat berkah,  terhindar dari kerugian,  dan jika terjadi kehilangan barang maka akan di gantikan dengan yang lebih baik lagi serta lebih bermanfaat daripada yang dimiliki sebelumnya.
Shadaqah bisa di lakukan setiap waktu.  Contoh kecil dari shadaqah yaitu memberikan orang lain senyuman.
Shadaqah dilakukan dengan sukarela dan tidak terikat pada syarat-syarat tertentu dalam mengeluarkannya baik itu tentang waktu,  jumlah serta kadarnya. Yang terpenting dari shadaqah adalah perasaan yang ikhlas tanpa adanya niat untuk di puji oleh orang-orang atau mempermalukan orang yang menerima shadaqah tersebut karena hal tersebut tidak akan menghasilkan pahala melainkan kebalikannya yaitu mendapatkan dosa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline