Lihat ke Halaman Asli

Peran Infaq dalam Islam

Diperbarui: 1 Juli 2023   15:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Infaq artinya mengeluarkan sebagian harta untuk kepentingan sesuatu dimana pengeluaran tersebut dilakukan secara sukarela dan tidak di tentukan jumlah dan waktunya dengan tujuan untuk mendapatkan pahala kebaikan. Sedangkan infaq menurut syara' artinya mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki untuk menunaikan kepentingan yang diperintahkan agama islam. Infaq tidak mengenal nisab dam infaq juga bersifat sunnah. 

Infaq merupakan bentuk keadilan untuk mendistribusikan kekayaan yang dimiliki, karena di dalm islam tujuan dari distribusi kekayaan adalah agar supaya kekayaan tidak menumpuk pada segolongan kecil masyarakat sebab dalam setiap harta yang dimiliki terdapat hak-hak orang miskin. 

Infaq yang telah dikeluarkan nantinya tidak akan sia-sia. Sesungguhnya kita di larang untuk berfikiran seperti itu.  Infaq juga tidak harus di berikan kepada orang-orang tertentu dahulu(8 golongan)  melainkan kepada siapapun misalnya kerabat, anak yatim,  orang miskin,  dan musafir(orang yang sedang dalm perjalanan) 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline