Lihat ke Halaman Asli

Koneksi Antar Materi Modul 2.1

Diperbarui: 19 Juni 2024   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pertanyaan Pemantik

Apakah saya mengubah pemikiran saya sebagai akibat dari apa telah saya pelajari?

Pada dasarnya pembelajaran yang saya dapat pada pembelajaran diferensiasi saya mendapatkan banyak sekali perubahan yang akan saya lakukan pada pembelajaran saya. Hal itu saya lakukan karena konsep awal tentang pembelajaran diferensiasi yang saya lakukan bertolak belakang dengan apa yang saya pelajari saat ini. Dengan demikian saya akan melakukan perubahan pembelajaran dengan melakukan pembelajaran diferensiasi yang berpusat kepada murid dan berdasarkan atas kebutuhan serta berdasarkan atas tujuan yang sama. Jadi saya akan mengubah pemikiran saya dan juga saya akan merubah cara pembelajaran yang akan saya lakukan.

Bagaimana perubahan pemikiran tersebut berkontribusi terhadap pemahaman saya tentang implementasi pembelajaran berdiferensiasi?

Perubahan pemikiran saya lakukan sangat berkontribusi sekali terhadap implementasi pembelajaran diferensiasi yang akan saya lakukan karena dengan melakukan pemahaman yang saya pelajari pada CGP angkatan 10, ini saya banyak sekali mendapatkan informasi ataupun gambaran bahwa pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang berdasarkan atas kebutuhan murid. Selama ini saya lakukan pembelajaran banyak dan bervarias dan macam kegiatan akan tetapi hal yang saya lakukan tersebut, belum mencerminkan pembelajaran berdiferensiasi. Karena pembelajaran tersebut tidak bertujuan pada satu hal yang sama akan tetapi pembelajaran itu tidak saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan anak yang ingin mereka capai dengan mengadakan perubahan pemikiran maka saya juga akan menerapkan implementasi yang sesuai dengan pembelajaran diferensiasi yang saya pelajari saat ini.

Bagaimana saya tetap dapat bersikap positif walaupun banyak tantangan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini?

Karena pembelajaran berdiferensiasi itu hanya bertolak pada perubahan pemikiran yang dulu saya melakukan pembelajaran itu dengan berbagai macam kegiatan yang intinya itu saya menggunakan tema yang sama akan tetapi pada tujuannya saya menggunakan pembelajaran yang berbeda, nah dengan pemahaman pembelajaran diferensiasi yang saat ini saya pahami. Maka saya akan berusaha merubah pembelajaran yang saya lakukan yaitu dengan menggunakan pemahaman pembelajaran diferensiasi yang berfokus kepada kebutuhan murid dan juga pembelajaran yang saya lakukan itu, akan mampu mencukupi kebutuhan murid yang mereka harapkan.

Lakukanlah refleksi secara individu terhadap perjalanan pembelajaran Anda hingga saat ini dengan merespon beberapa pertanyaan dan tugas berikut ini.

Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.

Upaya mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi dimulai dengan upaya menemukenali murid-murid terlebih dahulu. Kita memang tahu bahwa murid-murid di kelas berasal dari latar belakang yang beraneka ragam dan semua harus dilayani. Oleh karena itu kita harus mengetahuinya berdasarkan data dan fakta, bukan hanya opini belaka. Data dan fakta diferensiasi para murid dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain: melakukan tes diasnostik, membaca hasil belajar siswa di fase sebelumnya, membaca biodata murid dari TU, mengetahui gaya belajar murid, dan lain-lain.

Salah satu caranya yakni mengetahui gaya belajar para murid. Gaya belajar murid dapat diketahui melalui pengisian Instrumen Gaya Belajar Murid. Salah satunya adalah instrumen dari Universitas Terbuka. Hasil pengisian instrumen akan meperlihatkan data tentang gaya belajar murid. Kita dapat mengelompokkannya menjadi murid bergaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Pengelompokan ini membantu guru untuk lebih menyederhanakan penuntunan kepada murid secara berdiferensiasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline