Lihat ke Halaman Asli

Ayu Sri Lestari

SMK NEGERI 1 KERTOSONO

Tujuan Sistem Akuntansi Manajemen

Diperbarui: 2 Juni 2022   10:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri


Akuntansi manajemen adalah sebuah sistem informasi yang menghasilkan luaran (output) dengan menggunakan masukan (input) melalui suatu proses tertentu (hansen & mowen,2005). Akuntansi manajemen mempunyai tujuan menyediakan informasi kos per unit (unit cost) yang dapat dipergunakan oleh manajemen dalam rangka, perencanaan, pengendalian, pengambilan keputusan, evaluasi kerja serta perbaikan berkelanjutan (continous improvment). 

Dengan demikian tujuan umum sistem akuntansi manajemen, meliputi tiga hal pokok yaitu :
1.Menyediakan informasi yang diperlukan dalam perhitungan kos jasa dan kos produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
2.Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, evaluasi dan perbaikan berkelanjutan.
3.Menyediakan informasi untuk pengembalian keputusan serta perbaikan berkelanjutan.

Perbedaan Kos, biaya dan rugi bisa dipahami dengan melihat bagan berikut ini :


Sehingga menurut gambar tersebut kos adalah nilai kas atau setara kas yang dikorbankan untuk memperoleh barang atau jasa yang diharapkan memberi manfaat bagi organisasi dimasa yang akan datang. Dengan demikian jelas bahwa kos yang dikeluarkan akan menjadi biaya. Maka dari sinilah kita menyebut kos dan biaya secara bergiliran. 

Misalnya, perusahaan memebeli bahan habis pakai hanya ketika dibutuhkan dan langsung menggunakan bahan habis pakai tersebut untuk mengahasilkan keuntungan maka dalam hal ini aset yang digunakan untuk memperoleh kondisi tersebut langsung disebut biaya. Namun apabila kondisi tersebut berbeda misalnya barang habis pakai tersebut digunakan untuk beberapa waktu dimasa mendatang sehingga penggunaannya sebagai aset yang digunakan untuk memperoleh maka bahan habis pakai tersebut disebut kos. Sedangkan rugi yaitu apabila aset yang diberikan tidak menghasilkan manfaat apapun.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline