Lihat ke Halaman Asli

Mendeskripsikan Perkembangan Kreativitas Peserta Didik

Diperbarui: 14 Januari 2024   11:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ihttps://pin.it/236vrhjnput sumber gambar

perkembangan kreativitas menjadi bagian integral dari proses perkembangan kognitif. dalam hal ini akan dibahas menjadi tiga tahap perkembangan kreativitas anak (danim 2017)

A. Anak usia dini

 pada usia ini perkembangan kognitif anak memperlihatkan kecendrungan suasana intutif yaitu perasaan, kecendrungan alamiah, sikap meniru dari orang dewasa dan lingkungannya. kemampuan mengembangkan kreativitas anak usia dini sudah mulai tumbuh karen anak sudah mampu mengembangkan memori dan memiliki masa lalu dan masa yang akan datang dengan jangkauan tertentu. 

beberapa contoh perkembangan kognitif pada anak usia dini melibatkan : 

- sensorimotor (0 - 2 tahun) 

anak belajar melalui indra dan gerakan fisik. misalnya, mereka mulai memahami objek tetap ada meskipun tidak terlihat (konsep objektivitas). 

- prapemahaman (2 - 7 tahun) perkembangan bahasa dan imajinasi meningkat. anak mulai mengembangkan pemahaman tentang simbol, seperti menghubungkan kata dengan objek atau ide.

B. Anak sekolah dasar

pada usia ini anak mulai menyesuaikan diri dengan  realitas konkret disertai dengan berkembangnya rasa ingin tahu yang cukup kuat. menurut piaget ada beberapa faktor kreativitas yang memungkinkan anak semakin berkembang.

a. kemampuan berimajiasi tentang sesuatu meskipun masih memerlukan bantuan objek-objek konkrit.

b. kemampuan berfikir logis dalam bentuk sederhana.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline