Lihat ke Halaman Asli

Metode Belajar Siswa

Diperbarui: 16 April 2018   09:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Membahas tentang sekolah, guru dan siswa memang tidak ada habis-habisnya. Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman membuat kehidupan sekolah juga mengalami kemajuan yang begitu signifikan, baik itu infrastruktur, sarana pembelajaran, metode belajar dan lain sebagainya. 

Dengan hal tersebut, ditambah lagi dengan siswa yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya menuntut guru untuk lebih meningkatkan kualitas nya sendiri dalam mengajar. 

Dalam membimbing siswa, tidak serta-merta seorang guru memaksakan siswa untuk memahami segala apa yang diajarkan. Kembali kepada keberagaman siswa dalam menangkap pelajaran. Tidak semua siswa menyukai metode mendengar ceramah guru, juga tidak semua siswa menyukai terus berbicara dan aktif di kelas, dan juga tidak semua siswa menyukai terus-terusan bermain permainan yang memang berhubungan dengan pelajaran yang diajarkan. Semua siswa memiliki karakter yang berbeda diliat dari berbagai sisi. Inilah yang seharusnya menuntut guru untuk menemukan metode belajar yang sesuai untuk seluruh siswa. 

Solusi terbaik dari setiap guru berbeda. Penulis rasa, jika guru menemukan cara yang tepat atau bahkan bergiliran menerapkan metode yang disukai siswa akan lebih mudah membuat pembelajaran diterima dengan baik oleh setiap siswa. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline