Lihat ke Halaman Asli

Biarlah ini Terjadi Padaku

Diperbarui: 25 Juni 2015   08:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

gue wanita berumur 18 tahun.

hidup itu gak ada yang gampang. dan itu gue alami dari gue berumur 5 tahun. waktu gue umur 5 tahun bokap gue jarang banget pulang kerumah, kata nyokap gue dia sibuk sama kerjaannya. gue dirumah cuma sama nyokap dan 1 orang kakak. gue yang masih umur 5 tahun belom ngerti kalo dalam 1 rumah itu terdapat ayah ibu. menurut gue saat itu orang tua gue itu ya nyokap gue. gue belum begitu ngerti kalau gue butuh sosok ayah. dan waktu gue umur 7 tahun bokap gue pulang kerumah. kita main, makan di luar dan senang-senang. baru itu gue rasain enaknya punya seorang ayah.

tapi sayang pagi itu bokap dan nyokap bertengkar hebat. sampai-sampai bokap gue banting pintu lemari. dan nyokap berusaha buat nyekek bokap gue, dan bokap gue pun membalas buat nyekek nyokap gue. bener banget apa yang ada di pikiran kalian, bokap nyokap gue berantem di depan gue dan kakak gue. waktu itu umuur gue 7 ttahun dan kakak gue 8 tahun. masih inget banget kok gimana muka pasrah nyokap gue yang lagi di cekek sama bokap gue. terus nyokap gue ambil pisau buat ditusuk ke kepalanya bokap.bokap gue pun bertindak hal yang sama ke nyokap gue. gue dan kakak gue nyaksiin banget kejadian itu dan kita cuma bisa nangis. akhirnya bokap gue pergi dari rumah. gue yang waktu itu baru ngerasain gimana bahagianya punya ayah yang tiap malem beli martabak dan gendong gue buat jalan-jalan ditaman, dan waktu gue ketiduran di depan tv bokap gue yang pindahin gue ke kamar dan kita tidur bersama, bahagia banget waktu itu. sampe sekarang gue masih inget gimana rasa bahagia itu karena itulah hal satu-satunya kenangan gue sama bokap gue.

bokap gue ninggalin gue, nyokap gue dan kakak gue gitu aja. masa kecil gue tanpa seorang ayah. bokap gue pun gak pernah coba buat telfon gue atau sekedar nanya kabar gue, dia kayak ngilang gitu aja. memang hal yang gak wajar, dalam 1 rumah tidak ada seorang ayah. gue pun hidup di daerah yang padat penduduk. dan ya gue gak luput dari ledekan dan cibiran dari tetangga gue yang mempertanyakan dimana bokap gue. gue juga bingung kalo di tanya bokap gue ada dimana sama temen-temen gue. karena gue sendiri gak tau bokap gue dimana. gak hanya itu, semua keluarga besar gue pun merendahkan keluarga gue.

waktu gue kecil gue pernah di ludahin sama temen sebaya gue. dia gak mau punya temen kayak gue yang gak punya ayah. sejak gue kecilpun gue udah dapet tekanan kayak gitu. sampe akhirnya gue yang cuma anak kecil yang udah gak tahan sama perlakuan orang-orang sekitar gue, gue pun menangis dan gak tau kenapa gue yang berumur 11 tahun pada saat itu berpikir gue gak boleh sedih depan nyokap gue karna pasti nyokap gue pun punya tekanan yang lebih dari gue dan kalo gue ngeluh pasti nyokap gue bakal tambah sedih. tapi pada akhirnya waktu gue kelas 6 sd atau umur 12 tahun gue coba tanya sama nyokap gue kenapa papa begitu sama kita, dan gue sempet shocked denger jawaban nyokap gue. ternyata nyokap gue itu istri kedua bokap gue. jujur sedih banget waktu itu itu rasanya kayak ditusuk sama orang tiba-tiba. tapi gue cuma diem depan nyokap. mungkin nyokap gue pun gak tega sama gue dia pergi ke kamar. 3 hari gue di sekolah cuma diem dan bengong terus. gue bener-bener shocked saat itu. tapi ya namanya juga anak-anak yang gak luput sari main, jadi itulah salah satu cara buat menghibur diri gue sendri.

nyokap gue fixed jadi single parent saat bokap ninggalin gue. nyokap gue sangat keras mendidik gue dan kakak gue. kalau gue salah dikit aja gue pasti di pukul sama bambu yang ada di kemoceng. sakit banget rasanya, dulu gue sempet benci banget sama nyokap gue yang selalu mukulin gue. dan nyokap gue gak pernah nunjukin rasa sayang itu di depan kita. dia itu malah memperlihatkan ke galakkannya dia. pernah waktu gue kelas 1 smp nyokap gue marah banget sama gue waktu itu tapi gue lupa karena apa yang pasti gue di gebukin dan gue berangkat sekolah dengan tangan yang biru sampai ungu di sekujur tubuh gue. keluarga gue bukan keluarga yang romantis, gak sama sekali dan itu berpengaruh pada kakak gue, dia jadi super emosi. tapi cara itulah yang ngebuat gue gak manja dan gak selalu sedih dengan apa yang sedang gue jalanin. gue suka sedih kalo liat ada anak yang lagi jalan sama ayahnya dan keluarganya. bahagia banget ya. tapi itulah nyokap gue mendidik gue untuk tidak iri sama orang lain karena kita punya jalan hidup yang berbeda.

jalan hidup gak ada yang mulus, tapi alhamdulillah ALLAH selalu ngasih kekuatan ke gue, gue selalu coba untuk percaya diri sama keadaaan yang gue alami saat itu. dan ya temen-temen gue cukup banyak di smp dan sma. gue gak pernah ngalamin keuslitan untuk bergaul dengan temen-temen gue. merreka yang ngebuat gue senang.

bersambung..........




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline