Lihat ke Halaman Asli

Pengelompokan Keilmuan dalam Islam

Diperbarui: 8 Desember 2019   22:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Al-Jabiri dengan mengacu pada kamus lisan karya Al-Arobi karya Ibu Mansur, menyimpulkan bahwa term al-bayan mengandung empat pengertian yakni: pemisahan, keterpisahan, jelas, dan penjelasan. Keempat pengertian tersebut dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, Al-Bayan sebagai metodologi, yang berarti pemisahan, dan Al-Bayan sebagai pandangan dunia yang berarti keterpisahan dan jelas. Tujuan bayani adalah memahami atau menganalisis teks guna menemukan makna yang dikandung dalam dalam lafadz, istinbat dari hukum-hukum dari al-nusus an-diniah dan Al-Qur'an khususnya.

Irfani dalam bahasa arab merupakan masdar dari 'arafa yang semakna dengan ma'rifa. Irfani adalah pemahaman yang bertumpu pada instrumen pengalaman batin, dhawq, qalb, wijdan, basiroh, dan intuisi.

Burhani secara etimologis al-burhan dalam bahasa arab adalah argumentasi yang kuat dan jelas. Dalam bahasa inggris, al-burhan disebut demonstration, berasal dari bahasa latin domonstrate yang berarti isyarat, sifat, keterangan, dan menampakkan al-burhan dapat juga diartikan sebagai pembuktian yang tegas dan keterangan yang jelas. Burhan adalah pengetahuan yang diperoleh oleh indra, percobaan, dan hukum logika.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline