Lihat ke Halaman Asli

Ayu PuspitaNingrum

Man Jadda Wajada

SD Muhammadiyah Sokonandi Lestarikan Budaya 5S

Diperbarui: 29 Mei 2024   17:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Senyum manis, ucapan Assalamualaikum dan sapaan "Apa kabar?" siap menyambut kedatangan siswa siswa SD Muhammadiyah Sokonandi setiap paginya yang dilakukan oleh guru-guru. Kegiatan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap pagi hari dari Senin sampai Jum'at oleh guru secara bergantian. Guru-guru di SD Muhammadiyah Sokonandi menyambut kedatangan siswa di depan gerbang sekolah, kemudian memberi salam, menyapa serta menanyakan kabar kepada siswanya.

Tujuan dari pembiasaan budaya 5S ini ialah untuk menguatkan karakter siswa dan menjadikannya sebagai seorang yang berakhlak baik. Dengan menyapa akan memudahkan siswa untuk bergaul, bekenalan, dan berinteraksi agar terjalin komunikasi yang baik antar warga sekolah. 

Dalam mewujudkan karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila, seorang guru haruslah memberi teladan yang baik kepada peserta didik agar dapat dicontoh oleh mereka. Hal ini yang selalu diterapkan oleh semua guru ketika menyambut kedatangan siswa pada pagi hari. 

Guru yang ditugaskan piket setiap harinya untuk menyambut setiap peserta didik yang memasuki pintu gerbang. Selain itu satpam SD Muh Sokonandi selalu membukakan pintu mobil untuk siswa-siswi yang diantar oleh keluarganya. Hal ini merupakan bentuk peduli dan menciptakan kerukunan semua warga sekolah bahkan menjalin hubungan baik dengan orang tua siswa. 

Kepala Sekolah ibu Anis Rofiah menyampaikan bahwa penerapan budaya 5S itu adalah bagian dari pendidikan karakter. Hal serupa juga dilakukan peserta didik ketika disambut oleh guru dengan mengucapkan salam, berjabat tangan dan tersenyum. Diharapkan budaya ini bisa diaplikasikan oleh seluruh guru dan peserta didik dimanapun berada dan kepada siapa saja. 

Budaya 5S merupakan salah satu upaya SD Muhammdiyah Sokonandi untuk menanamkan pendidikan karakter kepada siswanya. Dengan budaya 5S juga menjadikan warga sekolah SD Muhammadiyah Sokonandi memiliki rasa menghormati satu sama lain dan akan terjalin tali persaudaraan antar warga sekolah dengan baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline