Lihat ke Halaman Asli

Ayuni Maratus

Mahasiswa

Optimalisasi Pemasaran UMKM, KKN Kelompok 107 Gelar Seminar Strategi Marketing

Diperbarui: 14 Agustus 2023   13:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pict. Putri Wahyuningtyas

Tempurejo, Kediri - Dalam rangka memajukan UMKM yang ada di Desa Tempurejo, Mahasiswa KKN Kelompok 107 IAIN Kediri 2023 gelar seminar "Strategi Marketing: Optimalisasi Strategi Marketing melalui Media Sosial Guna Pengembangan UMKM" di Aula Balai Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Sabtu (12/08/2023).

Pada era digital saat ini, media sosial telah menjadi salah satu sarana yang penting bagi pelaku usaha untuk memasarkan produk atau jasanya. Hal ini dikarenakan media sosial memiliki berbagai keunggulan, seperti biaya yang murah, jangkauan yang luas, dan dapat dipersonalisasi sesuai dengan target pasar.

Meskipun demikian, masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkan media sosial secara optimal untuk mengembangkan usahanya. Hal ini dikarenakan mereka belum memahami cara menggunakan media sosial secara efektif dan efisien.

Oleh karena itu, seminar ini dihadirkan untuk memberikan wawasan dan informasi kepada para peserta mengenai hal-hal yang harus diperhatikan dalam strategi marketing melalui media massa yang dapat diterapkan oleh pelaku UMKM terkhusus pelaku UMKM yang ada di Desa Tempurejo ini. Mengingat jumlah UMKM yang ada di Desa Tempurejo kurang lebih 20 pelaku usaha mandiri. Pun demikian dari beberapa pelaku usaha mengharapkan adanya wadah bagi mereka untuk memperoleh informasi dan kemudahan dalam berkomunikasi antar pelaku UMKM lainnya di Desa Tempurejo.

Seminar dibuka oleh Ibu Ning Purnama Sariati , S. E, MM. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Kelompok 107 IAIN Kediri. Seminar ini, diramaikan oleh kurang lebih 20 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari berbagai jenis usaha. Mereka sangat antusias, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya audiens yang aktif bertanya terkait pemasaran usaha yang cocok digunakan saat ini. 

Pict. Putri Wahyuningtyas

Kegiatan seminar ini menghadirkan narasumber, Ibu Dijan Novia Saka, S. E, MM yang merupakan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Syariah IAIN Kediri. Dalam penyampaianya, Pemateri menuturkan bagaimana pemasaran produk yang efektif dengan menggunakan pasar online. 

Pasar online sendiri dapat dipraktikkan secara langsung melalui Whatsapp Grub. Dalam pasar online ini pelaku UMKM dapat menawarkan berbagai produk tanpa ada syarat khusus penjualan. Dengan pelayanan Delivery order dapat menjadi pilihan kedepannya sehingga pelanggan akan merasa dimudahkan dalam pembelian produk. 

Melalui kegiatan ini Perangkat Desa mengharapkan UMKM di Desa Tempurejo dapat menyerap dan menerapkan ilmu yang disampaikan oleh pemateri sebagaimana disampaikan, "Harapan saya bapak/ibu yang hadir dapat mengamalkan ilmu yang dipelajari hari ini sehingga usaha yang dimiliki dapat berkembang sesuai target ", ujar Pak Imam selaku Kepala Dusun Tempurejo dalam sambutannya. 

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan pembagian doorprize kepada pelaku UMKM yang aktif bertanya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline