sejarah teh bermula di Negeri tiongkok yang merupakan tempat lahir teh. Di sanalah pohon teh Tiongkok (Camellia sinensis) ditemukan dan berasal, tepatnya di provinsi yunan, bagian barat daya tiongkok. Iklim Yunnan yang tropis dan subtropis, yaitu hangat dan lembap menjadi tempat yang sangat cocok bagi tanaman teh. Yunnan memiliki banyak hutan purba, bahkan ada tanaman teh liar yang berumur 2.700 tahun. Selebihnya tanaman teh yang ditanam yang mencapai usia 800 tahun juga ditemukan di tempat ini.
Hari Teh Sedunia diperingati setiap 15 Desember. Teh telah hadir mengisi kehidupan sehari-hari masyarakat sejak dahulu kala. Sejak ribuan tahun lalu, teh telah menempuh perjalanan panjang hingga kini menjadi minuman terpopuler di dunia. Teh berkembang dari satu daerah ke daerah lainnya dengan berbagai ritual.
Di Indonesia sendiri Teh bunga dengan campuran kuncup bunga Melati yang disebut teh melati atau teh wangi melati merupakan jenis teh yang paling populer di Indonesia. Konsumsi teh di Indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun, masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia.
Dengan banyaknya jenis teh yang ada di Indonesia membuat para usahawan menimbulkan ide-ide pemasaran tentang teh yang diberi nama TEH NUSANTARA karena nama itu mencakup berbagai citarasa teh yang ada sehingga menjadi peluang usaha yang menguntungkan bagi masyarakat itu sendiri. teh merupakan salah satu minuman yang banyak digemari di Indonesia. Selain pembuatannya mudah, teh juga punya aroma yang sedap. Bahkan kebiasaan minum teh masyarakat Indonesia sendiri disebut-sebut telah menjadi budaya turun menurun sejak abad ke-17.
Potensi pasar ini dilirik Es Teh Nusantara. Bisnis yang berkonsep waralaba ini memiliki misi menciptakan ribuan outlet dan pengusaha es teh yang berkualitas. Saat ini, Es Teh Nusantara telah memiliki 2.000 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Es Teh Nusantara sebuah brand minuman berbahan dasar racikan teh tradisional dari bahan asli dari daun teh alami yang menghadirkan citarasa minuman teh yang sebenarnya, dan hadirnya gerai-gerai Es Teh Nusantara di beberapa tempat strategis mampu meningkat ekonomi masyarakat sekitar.
Walaupun baru di kancah industri teh kekinian di Indonesia, namun perkembangan dari Es Teh Nusantara sendiri begitu cepat dan masif. Kehadiran banyak gerai ini juga mempermudah penggemar es teh kekinian mendapatkan minuman teh terbaik, otentik, dan berkualitas tinggi. Es Teh Nusantara berdiri sejak tahun 2021, namun perkembangan dari Es Teh Nusantara sendiri begitu cepat dan massif, berbeda dengan prodak lain karena Es Teh Nusantara bisa disebut sebagai salah satu brand yang mengawali maraknya usaha minuman teh yang ada saat ini.
Es Teh Nusantara yang di produksi oleh PT Mommilk Group Indonesia berpusat di Kota Solo, Jawa Tengah, hadir untuk lebih mendorong lagi kebiasaan minuman teh di tengah masyarakat, dengan sajian serta cita rasa yang khas dan berbeda. Ditambah banyak varian pelengkapnya yang makin membuat menu yang ada di Es Teh Nusantara jadi semakin beragam dan menjadi pembeda dibanding brand es teh yang lain. Karena hampir disetiap kalangan.
Apa pun makanannya, tetap es teh manis selalu menjadi pilihan minuman yang tepat. Banyak alasan yang membuat minuman sederhana ini jadi begitu nikmat di lidah masyarakat Indonesia. Mulai dari menyegarkan, manis, hingga minuman pelepas dahaga yang murah-meriah. Berbagai macam cara orang-orang meminum Es teh nusantara ada yang selagi hangat ataupun dingin. Es teh nusantara ini memiliki keuntungan yang lumayan memenuhi target keuangan.
Adapun teh sangat bermanfaat bagi tubuh seperti berikut:
- Membantu membuang racun
- Meningkatkan imunitas tubuh
- Mengobati sakit kepala
- Menurunkan kadar kolesterol
- dll
Pemasaran Es teh nusantara kebanyakan langsung terjun kelapangan dengan menggunakan stand yang mereka persiapkan serta Sebagian menggunakan media sosial sebagai prantara karena agar mempermudah masyarakat yang tidak bisa beli langsung ke stand es teh nusantara. Pemesanan es teh nusantara bisa melalui gofood, maxim, atau grab sesuai keinginan customer. Dengan harga yang terjangkau dapat memuaskan dahaga masyarakat. Keuntungan dari penjualan es teh nusantara perbulan sekitar kurang lebih 5 juta menurut sumber yang saya wawancarai.
Kegiatan pemasaran yang dilakukan usahawan dalam memasarkan produk Teh nusantara adalah dengan kegiatan promosi below the line seperti adanya bazar, grebek pasar, events dan sales promotion. Tujuan dari kegiatan promosi ini adalah untuk memperkenalkan produk Teh nusantara kepada masyarakat.